Connect with us

Griya

3 Cara Menanam Bunga Melati bagi Pemula Beserta Cara Merawatnya

Avatar

Diterbitkan

pada

cara menanam bunga melati

Ilustrasi bunga melati (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Tak hanya dijadikan sebagai nama anak perumpuan cantik, melati merupakan bunga yang memiliki aroma yang harum. Bekat baunya tersebut, tak sedikit orang yang ingin menanamnya. Namun, banyak pemula yang belum mengetahui cara menanam bunga melati agar mendapatkan hasil yang optimal.

Keharumannya melati yang semerbak kerapkali dijadikan campuran dalam parfum, sabun, hingga kosmetik. Bahkan, bunga kecil ini juga sering digunakan dalam acara pernikahan sebagai hiasan atau bahkan dijadikan teh untuk kesehatan.

Bunga melati biasanya berwarna putih, meskipun beberapa spesies berwarna kuning atau krem. Bunga satu ini banyak ditemukan di pekarangan rumah maupun perkebunan warga. Banyak yang menganggap cara menanam bunga melati cukup sulit. Padahal, menanam dan merawatnya tak sesulit yang dibayangkan.

Baca juga: 5 Cara Menanam Jeruk Nipis di Rumah, Cukup Gunakan Pot

Berikut beberapa cara menanam bunga melati yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Siapkan bibit bunga melati

Cara menanam bunga melati yang pertama yaitu menyiapkan bibit bunga melati. Anda bisa membeli bibitnya yang berdiameter sedang. Lalu, potong dengan panjang 12 cm.

Advertisement

Umumnya, orang-orang menanam bibit dengan cara stek tersebut ke dalam pot atau polybag yang berisi media tanam berupa campuran tanah dan pasir bersih. Pastikan melakukan penyiraman guna menjaga kelembapan tanaman tersebut.

2. Pengolahan media tanam

Setelah bibit sudah siap, cara menanam bunga melati selanjutnya adalah melakukan pengolahan atau pemindahan tanaman. Gunakan pot berukuran sedang dan masukkan media tanam berupa campuran pasir, tanah dan pupuk organik dengan perbandingan sekitar 1:1:1.

Proses penyiapan lahan ini sebaiknya dikerjakan saat musim kemarau atau 1 – 2 bulan sebelum musim penghujan dimulai.

3. Proses menanam

cara menanam bunga melati

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Jika bibit dan media tanam sudah tersedia, barulah melakukan proses penanaman Mulailah dengan membentuk pola tanam yang akan digunakan. Dalam kurun waktu 30 hari, sebaiknya bibit melati yang hendak digunakan untuk budidaya dilakukan adaptasi dahulu pada pot yang sudah disiapkan.

Pastikan pot atau polybag memiliki lubang dan lubung tersebut akan diberikan satu buah bibit melati. Jika sudah, isi sepertiga pot dengan media tanam, lalu tanam bibit bunga melati dan timbun dengan media tanam hingga 2 cm di permukaan pot. Setelah selesai, barulah lakukan penyiraman secukupnya.

Perawatan bunga melati

Setelah mengetahui cara menanam bunga melati, tentu Anda harus mengetahui juga cara merawatnya supaya tumbuh subur. Tidak sulit, berikut cara merawat bunga melati:

Advertisement

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Melati, Dapat Meningkatkan Suasana Hati

1. Letakkan di bawah sinar matahari

Bunga melati adalah jenis tanaman yang menyukai sinar matahari. Untuk itulah Anda perlu menempatkannya di bagian rumah atau pekarang yang terpapar sinar matahari langsung paling tidak 4 jam sehari.

2. Penyiraman

cara menanam bunga melati

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Di awal mengembangbiakan tanaman ini, siramlah bunga melati sebanyak 1-2 kali pada pagi dan sore hari. Pada awal masa pertumbuhan tunas bunga melati, siramlah selam 1 bulan penuh. Terapkan teknik penyiraman dengan membasahi seluruh bagian tanaman dari permukaan, media tanam, hingga akar, namun jangan sampai tergenang.

3. Perhatikan suhu

Tak hanya sekedar cara menanam bunga melati, memerhatikan suhu penting dalam merawat tanaman ini. Bunga melati termasuk tanaman tropis yang bisa bertahan hidup pada suhu lembap dan panas. Sedangkan di suhu dingin akan cepat membusuk dan mati.

Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga suhu ruangan antara 60-75 derajat Fahrenheit selama masa pertumbuhan tanaman. Bila tanaman sudah berbunga, Anda bisa memindahkannya di ruangan yang lebih sejuk.

4. Pemangkasan dan pemupukan

Beberapa jenis bunga melati tumbuh dengan cara menjalar sehingga harus dipangkas secara rutin. Lakukan pemangkasan secara berkala setiap kali tanaman mencapai tinggi 75-90 cm dari permukaan tanah.

Untuk pemanenannya, bunga melati dapat dipanen setiap harinya hingga tanaman tersebut mencapai umur ke 5 – 10 tahun. Pemanenan juga dapat dilakukan selama 1 – 2 minggu pertama, lalu melati yang dapat dipanen menjadi sedikit. Setelah itu 2 bulan kemudian melati yang dapat dipanen menjadi banyak kembali.

Advertisement

Selain itu, berikan pupuk k N – P205 – K2o dengan takaran 240-240-240 gr/tanaman agar cepat berbunga.

Demikian penjelasan terkait cara menanam bunga melati beserta cara merawatnya. Pastikan cara menanam dan merawatnya dilakukan dengan benar agar tanam tersebut busuk dan mati.***

Baca juga: 6 Cara Menanam Alpukat di Rumah yang Mudah, Dapat Tumbuh di Pot

Lanjutkan Membaca