Connect with us

Gadget

Wow! Keren, Pria Tersesat di Alaska Selamat Berkat iPhone 14 Series

Avatar

Diterbitkan

pada

iPhone 14 series berhasil selamatkan pria yang tersesat di Alaska. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Fitur Emergency via Satelite dari IPhone 14 series yang memungkinkan pengguna menghubungi layanan darurat saat tidak ada koneksi seluler, berhasil selamatkan seorang pria yang tersesat di Alaska.

Pada Kamis (1/12/2022) dini hari. Pria tersebut mengendarai mesin salju dari Noorvik menuju Kotzebue tiba-tiba tersesat. Polisi negara bagian Alaska tiba-tiba menerima pemberitahuan ini.

Pria itu berada di area yang dingin dan terpencil tanpa ada koneksi seluler. Ia kemudian mengaktifkan fitur Emergency SOS via Satellite di iPhone 14 miliknya untuk memberitahu pihak berwenang soal kondisinya.

Emergency Response Center Apple langsung bekerjasama dengan tim SAR setempat dan Northwest Arctic Borough Search and Rescue Coordinator untuk mengerahkan relawan langsung ke koordinat GPS yang dikirimkan ke Apple menggunakan fitur darurat tersebut.

Pria yang tersesat itu berhasil diselamatkan dan tidak dalam keadaan terluka. Ia ditemukan di area yang terpencil dan hampir tidak bisa dijangkau oleh koneksi satelit.

Advertisement

Menurut informasi Apple, fitur Emergency SOS via Satellite mungkin tidak bisa berfungsi di area di atas garis lintang 62 derajat, seperti Kanada bagian utara dan Alaska. Sedangkan Noorvik dan Kotzebue mendekati garis lintang 69 derajat.

Pihak berwenang yang membantu proses penyelamatan tersebut memuji akurasi dan kelengkapan informasi yang dikirimkan oleh pemberitahuan pertama, seperti dikutip dari MacRumors, Minggu (4/12/2022).

Fitur Emergency SOS via Satellite diluncurkan bersama update iOS 16.1 dan akan tersedia untuk semua pengguna iPhone 14 series. Fitur ini dapat diaktifkan saat pengguna berada di kondisi darurat dan tidak mendapatkan koneksi seluler atau WiFi.

Fitur ini bisa digunakan secara gratis selama dua tahun, dan Apple belum memberikan informasi berapa biayanya setelah dua tahun itu berakhir. Saat ini fitur konektivitas satelit di iPhone 14 baru tersedia di Amerika Utara dan akan tersedia di Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement