Connect with us

Gadget

Mulai 24 Oktober, Tipe Ponsel Ini Tak Bisa Pakai WhatsApp

Avatar

Diterbitkan

pada

WhatsApp setiap tahun selalu melakukan perubahan. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Mulai 24 Oktober mendatang, sejumlah tipe ponsel tidak bisa pagi dipakai untuk WhatsApp (WA) hal ini karena tidak didukung oleh sistem OS untuk Android dan sistem iOS untuk iPhone.

Untuk iPhone 5 dan iPhone 5C serta seri Apple di bawahnya sudah tidak bisa menggunakan WA lagi karena WA hanya bisa digunakan untuk utk iOS 12 ke atas. Sementara untuk sistem Android hanya bisa digunakan oleh ponsel yang didukung oleh sistem OS 4.01 atau di atasnya.

Ada beberapa tipe Hp yang tak bisa lagi menggunakan WhatsApp (WA) mulai 24 Oktober 2022 mendatang.

Penyebabnya adalah sistem operasi ponsel-ponsel tersebut sudah tak bisa menjalankan aplikasi WhatsApp (WA).

Meta, pemilik WhatsApp, telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk perangkat iPhone apa pun yang tidak dapat menjalankan iOS 12 atau lebih tinggi.

Advertisement

Pengguna iOS 11 dan yang lebih lama memiliki waktu hingga 24 Oktober 2022 untuk meningkatkan operating system (OS) mereka.

Namun, belum jelas berapa banyak dari pengguna yang akan terpengaruh oleh berita ini.

Dua OS tersebut pertama kali diluncurkan masing-masing pada 2016 dan 2017. Pengguna iPhone 4 dan 4s akan menghadapi masalah serupa karena alasan yang sama.

Nasib yang sama akan dialami oleh pengguna dengan perangkat Android yang menjalankan OS Android apa pun sebelum OS 4.1 atau umumnya dikenal sebagai JellyBean.

“Perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, tulis WhatsApp dalam laman resminya,” tulis WhatsApp dalam laman resminya.

Advertisement

“Atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” sambungnya.

Aplikasi yang menghentikan dukungan untuk model OS yang sudah ketinggalan zaman adalah praktik yang cukup umum.

Perusahaan yang memproduksi perangkat lunak secara teratur membuat keputusan sulit mengenai kapan harus berhenti meluncurkan pembaruan untuk iterasi sistem operasi yang lebih lama.

Bahkan untuk perusahaan seukuran Meta, tidak masuk akal apabila terus memperbarui aplikasi untuk model iOS yang semakin sedikit digunakan orang.

Seperti diketahui, iPhone baru-baru ini merilis iPhone 14 series. Ada empat model iPhone 14 yang dirilis.

Advertisement

Tiga di antaranya adalah model dengan penamaan lama, yakni iPhone 14 versi “reguler”, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Jika ternyata ponselmu tak bisa menggunakan Whatsapp (WA), ada beberapa aplikasi pengganti Whatsapp (WA) yang tak kalah canggih.

Dilansir dari Nextren dalam artikel ‘3 Aplikasi Chatting Alternatif Untuk Pengganti Saat WhatsApp Mati’, kamu bisa beralih ke Telegram, Google Duo dan Line.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca