Connect with us

Lifestyle

8 Manfaat Ampas Kopi, Dari Menyuburkan Tanaman Hingga Mengusir Kutu Hewan Peliharaan

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat ampas kopi

Ilutrasi ampas kopi untuk menyuburkan tanaman (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang. Sesudah meminumnya, tentu meninggalkan bekas atau ampas kopi di dasar cangkir. Meski sering dianggap limbah, ada sederet manfaat ampas kopi yang mungkin belum kamu ketahui.

Tentunya, kamu sering mendengar tentang manfaat masker kopi untuk wajah. Tak hanya itu, manfaat ampas kopi ternyata berguna untuk bercocok tanam, menyuburkan tanah, bahkan untuk membasmi kutu di hewan peliharaan.

Jika kamu penikmat kopi, pertimbangkan untuk langsung membuang ampasnya. Sebab, ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya.

Baca juga: 6 Manfaat Kopi untuk Rambut, dapat Menghilangkan Uban

Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Mengusir serangga

Manfaat ampas kopi yang pertama yaitu mengusir serangga. Ampas kopi memiliki aroma yang menyengat dan senyawa yang berfungsi sebagai racun untuk membunuh serangga yang berkeliaran di rumah.

Advertisement

Cara menggunakannya, cukup taburkan ampas kopi yang telah dikeringkan ke sudut rumah yang sering ditempati serangga.

2. Menyuburkan tanaman

Apakah kamu sudah tahu bahwa manfaat ampas kopi bisa menyuburkan tanaman? Ampas kopi bisa berperan sebagai pupuk pada tanaman. Meski kopi sudah habis dan sudah menjadi ampas, nutrisi didalamnya tidak hilang begitu saja.

Ampas kopi mengandung kalsium, kalium, nitrogen, besi, magnesium fosfor, kromium, dan nutrisi lainnya yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Taburkan ampas kopi yang sudah dikeringkan ke media tanaman secara rutin untuk menunjamg kesuburan tanaman dengan baik.

Pastik untuk tidak terlalu banyak memberikan ampas kopi pada tanaman, karena keasaman kopi juga bisa mengganggu cacing tanah.

3. Mengusir hama pada tanaman

Hama ditanaman, tentu sangat menggangu pertumbuhan tanaman tersebut. Daripada menggunakan bahan kimia, kamu bisa membasminya dengan menggunakan bahan alami untuk mengusirnya dengan memanfaatkan ampas kopi.

Advertisement

Selain murah, manfaat ampas kopi ini juga dinilai efektif untuk mencegah hama, seperti siput, bekicot, ulat daun, hingga kupu-kupu yang memakan daun-daunan dan buah-buahan.

4. Menghilangkan bau di kulkas

Manfaat ampas kopi berikutnya yaitu bisa menghilangkan atau menyerap bau dalam kulkas. Berbagai makanan dan minuman di kulkas tak jarang memicu munculnya aroma tidak sedap. Aroma tersebut tentu bisa membuat makanan lainnya menjadi bau.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menghilangkan aroma tersebut dengan menelatkkan ampas kopi di dalam kulas. Aroma yang dihasilkan mampu menetralkan bau di dalam lemari pendingin.

Caranya, letakkan ampas kopi disebuah wadah ke dalam kulkas. Lalu, biarkan selama 2 jam sampai bau tak sedap hilang.

Baca juga: 8 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Dapat Memicu Rasa Bahagia

5. Pengharum ruangan

Selain menyerap bau di lemari pendingin, manfaat ampas kopi juga bisa mengharumkan ruangan. Aroma kopi yang khas sangat cocok dan disukai banyak orang. Itulah mengapa banyak produk pengharum ruangan dengan varian kopi.

Advertisement

Sebelum membeli, kamu bisa mencoba membuat pengharum ruangan yang terbuat dari ampas kopi. Cara membuatnya, siapkan gelas atau wadah terbuka berisi ampas kopi. Aroma tersebut nantinya dapat menyebar ke seluruh ruangan bersama udara segar yang masuk.

6. Menghilangkan goresan pada furnitur kayu

Futnitur yang terdapat goresan tentu bisa saja merusak penampilannya. Untungnya, ampas kopi bisa membantu meminimalkan goresan pada furnitur kayu. Caranya, kamu hanya perlu menggosok goresan pada furnitur kayu menggunakan kapas yang telah dioleskan ampas kopi. Biarkan selama 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan kain bersih.

7. Membuat daging lebih empuk

Siapa sangka, manfaat ampas kopi ternyata bisa mengempukkan daging. Kandungan enzim dan sifat asam yang ada pada kopi berfungsi meningkatkan rasa daging dan membuatnya lebih empuk secara alami.

Untuk mengaplikasikannya, oleskan bubuk kopi ke daging 2 jam sebelum dimasak. Rendam daging dengan larutan bubuk kopi dan mendiamkannya di lemari es hingga 24 jam sebelum dimasak.

8. Menghilangkan kutu di hewan peliharaan

Manfaat ampas kopi yang terakhir adalah menghilangkan kutu di hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan terdapat banyak kutu, kamu bisa mengatasinya dengan ampas kopi. Tak hanya membahayakan hewan peliharaan, tapi juga kesehatan orang-orang di rumah.

Advertisement

Sebelumnya, mandikan hewan peliharaan terlebih dahulu dengan sampo, barulah mengoleskan ampas kopi ke bulunya. Kemudian bilas dengan air bersih dan tunggu sampai kering. Kendati demikian, ampas kopi tidak bisa seefektif obat kutu hewan yang dijual dipasaran.***

Baca juga: Selain Penyedap Makanan, Ini 6 Manfaat Micin Untuk Tanaman

Lanjutkan Membaca