Connect with us

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil, Pasanganmu Juga Perlu Tahu

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara mengatasi mual saat hamil

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Mual selama awal kehamilan atau sering juga disebut dengan istilah morning sickness sangat umum dan sepenuhnya normal terjadi pada ibu hamil. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara mengatasi mual saat hamil.

Dilansir dari American Pergnancy Association, morning sickness merupakan perasaan mual yang biasa dialami selama trimester pertama dan biasanya terjadi pada pagi hari, lalu menghilang saat ibu hamil aktif sepanjang hari.

Berikut beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Mencium Bau yang Segar

Cara mengatasi mual saat hamil yang pertama adalah mencium bau yang segar. Menurut Miriam Erick seorang ahli gizi dan ahli gizi senior di Brigham and Womens’s Hospital di Boston, mual saat hamil sering kali dikaitkan dengan bau yang tidak sedap.

Menurutnya, estrogen merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk indera penciuman dan jika kamu adalah orang yang memiliki hormon estrogen tinggi, maka bisa jadi indra penciuman menjadi sangat peka.

Advertisement

Sebagai solusi, cobalah menghirup aroma yang segar, seperti ekstrak lemon atau bau rosemary yang segar, kamu bisa menghirup armonanya sebagai cara untuk menghilangkan mual saat hamil.

2. Olahraga Kecil

Cara mengatasi mual saat hamil yang kedua adalah olahraga kecil. Olahraga yang dimaksud mungkin tidak benar-benar berlari atau melakukan olahraga berat yang memerlukan instensitas tinggi selama kehamilan.

Kamu dapat bergerak ringan, misalnya cukup dengan berjalan kaki secara perlahan-lahan di pagi hari sehingga dapat mengurangi rasa mual atau morning sickness selama hamil.

3. Bicarakan Dengan Orang Terdekat

Cara mengatasi mual saat hamil yang ketiga adalah bicarakan dengan orang terdekat. Kamu bisa bercerita dengan pasangan kamu, karena mungkin ia tidak tahu bahwa wangi yang terlalu menyengat atau aroma makanna tertentu justru membuat kamu merasa mual.

Ada baiknya kamu memberitahukan kondisi ini pada suami kamu atau keluarga terdekat, agar kamu dapat dibantu untuk mengurangi gejala mual yang dirasakan saat hamil, sehingga tubuh akan merasa lebih baik.

Advertisement

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Apakah Berbahaya?

4. Menghirup Aroma Terapi

Cara mengatasi mual saat hamil yang keempat adalah menghirup aroma terapi. Aromaterpi dapat membantu kamu untuk tetap rileks, tetapi aroma minyak nya dapat membuat mual semakin parah.

Karena itu, lebih baik coba hirup beberapa aroma minyak terapi untuk mengetahui apakah cara ini efektif dalam mengatasi mual saat hamil. Minyak esensial yang dapat meredakan mual bisa termausk:

  • Pappermint
  • Lemon
  • Jeruk manis
  • Jeruk mandarin
  • Spearmint

5. Sering Ngemil

Cara mengatasi mual saat hamil yang kelima adalah sering ngemil. Sebelum bangun dari tidur du pagi hari, makanlah beberapa sepotong roti atau biskuit untuk mengisi perut kamu. Idennya adalah untuk membuat perut kamu sedikit terisi sepanjang waktu.

Jangan mengisi perut secara berlebihan, tetapi jangan biarkan perut kamu benar-benar kosong. Makan 6 porsi kecil sepanjang hari dibandingkan 3 porsi besar seperti biasa. Perut yang kosong, akan cenderung membuat kamu lebih sering merasakan mual.

Baca juga: 9 Manfaat Tanaman Agave bagi Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil

6. Tidak Berada di Dekat Makanan dengan Bau Menyengat

Cara mengatasi mual saat hamil yang keenam adalah tidak berada di dekat makanan dengan bau menyengat. Ketika dalam keadaan normal saja kita tidak nyaman dan mungkin mual ketika mencium aroma yang menyengat.

Karena indra penciuman yang lebih sensitif, ibu hamil sering kali mendapati aroma yang dulu mereka sukai, tiba-tiba menimbulkan mual dan menjadi memuakkan. Jauhi juga makanan yang kamu tidak suka melihatnya.

Advertisement

7. Mengubah Pola Makan

Cara mengatasi mual saat hamil yang terakhir adalah mengubah pola makan. Siapa sangka pola makan dapat menjadi salah satu hal yang membantu mengatasi mual. Terkadang, mual sendiri bisa diatasi dengan cara mengisi perut agar tidak kosong.***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *