Connect with us

Lifestyle

7 Cara Mengatasi Gigitan Semut Api, Dijamin Tidak Perih

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara mengatasi gigitan semut api
    foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Meski semut memiliki tubuh yang kecil dan tidak berdaya, gigitan semut api bisa terasa sakit dan mematikan. Hal ini karena serangga kecil tersebut memiliki ‘rahang’ dan penyengat yang tajam di belakang tubuhnya.

salah memberikan obat, bisa memperoleh gejala dari gigitan semut. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara mengatasi gigitan semut api.

The American Osteopathic College of Dermatology memaparkan bahwa gigitan dari semut api dapat membuat tungkai atau persendian menjadi kaku dan mati rasa.

Tidak lain hal ini karena racun yang terdapat pada semut tersebut. Rasanya cukup menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas harian kita.

Berikut beberapa cara mengatasi gigitan semut api yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

Advertisement

1. Cuka Apel

Cara mengatasi gigitan semut api yang pertama adalah dengan menggunakan semut api. Pastikan untuk mencampur cuka sari apel dengan sedikit air terlebih dahulu agar tidak terlalu kental.

Kemudian, oleskan pada area kulit api yang terasa gatal dan panas. Biarkan dalam beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Diketahui, manfaat cuka apel juga baik untuk kecantikan wajah.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit Menggunakan Bahan Alami

2. Lemon dan Baking Soda

Cara mengatasi gigitan semut api yang kedua adalah lemon dan baking soda. Perasan lemon dan baking soda dinilai cukup baik untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat gigitan semut.

Manfaatkan lemon dan peras airnya ke dalam mangkuk kecil. Lalu, oleskan sedikit pada kulit yang terdapat gigitan semut. Kamu juga dapat mencampurkan ramuan ini dengan beberapa sendok teh soda kue hingga membentuk bubur.

Kemudian, oleskan campuran tersebut pada kulit yang gatal. Akan ada sensasi dingin dan ‘cenat-cenut’ akibat ekstrak lemon dan baking soda.

Advertisement

3. Madu

Cara mengatasi gigitan semut api yang kedua adalah menggunakan madu. Studi dalam Cochrane Library menemukan bahwa, madu terbilang cukup efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan luka terinfeksi setelah menjalani operasi. Sehingga ini bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar akibat gigitan semut.

Diketahui manfaat madu juga cukup banyak untuk kesehatan, seperti:

  • Kaya akan antioksidan.
  • Menjaga kadar gula agar tetap stabil.
  • Mencegah risiko serangan jantung.
  • Mempercepat penyembuhan luka.

4. mentimun

Cara mengatasi gigitan semut api yang keempat adalah mentimun. Sayuran berwarna hijau ini juga dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit yang disebabkan oleh gigitan semut api.

Caranya cukup mudah, cukup ambil irisan mentimun dan oleskan pada bekas gigitan untuk mengurasi rasa gatal. Cobalah untuk menaruh timun semalaman di kulkas untuk sensasi lebih dingin. Nantinya, ketika di oleskan pada kulit akan terasa lebih nyaman.

5. Garam Dapur

Cara mengatasi gigitan semut api yang kelima adalah menggunakan garam dapur. Cara ini menjadi alternatif baik jika dirumah tidak ada soda kue ataupun lemon. Oleskan garam yang telah dilarutkan air ke area yang terasa gatal dan terbakar.

Biarkan dalam beberapa menit hingga garam tersebut menyerap ke kulit. Ini juga menjadi cara yang digunakan untuk mengurangi pembengkakkan akibat serangga.

Advertisement

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Gatal Karena Ulat, Jangan Digaruk Ya!

6. Minyak Zaitun

Cara mengatasi gigitan semut api yang keenam adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitu memang sudah dikenal manfaatnya cukup lama untuk berbagai hal. Salah satunya untuk mengatasi gigitan semut api.

Percaya atau tidak, minyak zaitun juga dapat membantu meredakan gatal, merah dan iritasi akibat gigitan semut. Hal ini karena terdapat kandungan oleocanthalnya, yaitu bahan kimia yang dapat menghambat peradangan atau infeksi pada kulit.

7. Berendam dengan Oat

Cara mengatasi gigitan semut api yang terakhir adalah Mandi atau berendam dengan oatmeal merupakan cara untuk mengatasi gigitan semut api dan mengurangi rasa gatal.

Mungkin memang terlihat aneh, namun cara ini bisa kamu coba dirumah dengan mudah. Tidak perlu berlama-lama, cukup berendam sekitar 30 menit dengan olahan oat di dalamnya.***

Baca juga: 6 Manfaat Mandi Oatmeal, dapat Meredakan Gejala Eksim

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *