Connect with us

Lifestyle

6 Manfaat Tamanu Oil, Dapat Mengurangi Kerutan Wajah

Avatar

Diterbitkan

pada

Manfaat Tamanu Oil

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Manfaat tamanu oil untuk kecantikan memang belum dikenal secara luas dan masih kalah poplaritasnya dengan minyak alami lainnya. Ternyata, minyak yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit.

Penelitian tentang manfaat minyak tamanu untuk kesehatan sejauh ini masih terbatas. Namun, dalam studi tersebut para penelitin menemukan bahwa kandungan di dalamnya sangat berkhasiat tinggi bagi kecantikan wajah dan kesehatan.

Berikut beberapa manfaat Tamanu Oil yang sudah faktualid.com lansir dari orami.co.id.

1. Memiliki Sifat Antibakteri

Manfaat tamanu oil yang pertama adalah memiliki sifat antibakteri. Ternyata minyak tamanu cukup baik untuk kecantikan wajah terkait jerawat. Tamanu oil biasanya bekerja melawan bakteri Propionibacterium Acnes dan Propionibacterium Granulosum yang merupakan bakteri penyebab jerawat.

Menurut OCL Journal bahwa kandungan antiradang di dalamnya dapat membantu mengobati peradangan jerawat. Jadi, jika kamu mengalami kulit berjerawat, minyak pelembap yang satu ini sangat aman untuk digunakan.

Advertisement

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir yang Dapat Anda Lakukan Dirumah

2. Mengurangi Kerutan Wajah

Manfaat tamanu oil yang kedua adalah mengurangi kerutan wajah. Minyak tamanu mengandung bahan aktif yang digunakan banyak produk perawatan kulit, termasuk krim anti penuaan. Minyak yang kaya akan asam lemak ini dapat menjaga kelembapan kulit.

Tamanu oil juga mengandung antioksidan yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas. Karena itulah masalah regenerasi kulit yang lambat dapat teratasi dengan minyak yang satu ini.

Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 cukup bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Asam lemak berperan menjaga kulit terlihat lebih sehat dan terhidrasi dengan baik. Sehingga mengurangi tampilan kerutan dan garis halus pada wajah kamu.

3. Membantu Mengobati Vaginitis

Manfaat tamanu oil yang ketiga adalah membantu mengobati vaginitis. Tidak hanya bermanfaat untuk antimikroba dan antijamur, minyak tamanu ini juga berfungsi sebagai antiseptik dan analgesik.

Kandungan antimikroba dapat membantu mencegah reproduksi mikroorganisme, sementara peran antiseptik dapat menghancurkannya. Analgesik bekerja sebagai pereda nyeri. Inilah yang menyebabkan minyak tamanu digunakan untuk mengobati vaginitis atau bakteri pada vagina.

Advertisement

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Kutus-Kutus, Bagus untuk Bayi

4. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat tamanu oil yang keempat adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Hiperpigmentasi merupakan kondisi dimana bercak kulit menjadi lebih gelap warnanya dibandingkan area sekitarnya.

Salah satu penyebab dari hiperpigmentasi adalah paparan sinar matahari yang berlebih. Kandungan antioksidan di dalam tamanu oil seperti Coumarins dan Xanthones, mampu memberantas sel melawan radikal bebas.

Kandungan ini juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Tamanu oil dapat menyerap sinar UV dan menghambat kerusakan DNA akibat radiasi UV dengan presentase mencapai 85%.

5. Membuat Rambut Menjadi Lebih Sehat

Manfaat tamanu oil yang kelima adalah membuat rambut menjadi lebih sehat. Manfaat tamanu oil untuk kecantikan wajah yang lainnya adalah minyak ini dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan rambut.

Rambut yang sehat tentunya menjadi dambaan bagi semua wanita. Untuk itu, kamu dapat menambahkan minyak ini ke dalam produk perawatn rambut dan sampo, kondisioner dan lainnya.

Advertisement

Minyak ini dapat mendorong pertumbuhan rambut yang lebih kuat, lebih sehat dan panjang. Rambut yang dinutrisi dengan tamanu oil akan lebih mudah ditata dan dapat menunjukan kilau alaminya.

6. Mengobati Luka Bekas Jerawat

Manfaat tamanu oil yang terakhir adalah mengobati luka bekas jerawat. Mnurut Journal of European Academy of Dermatology and Venereology, Minyak Tamanu dapat Meningkatkan proliferasi sel dan produksi komponen termasuk kolagen dan glikosaminoglikan (GAG).

Semua kandungan tersebut sangat penting untuk penyembuhan bekas luka. Selain itu, minyak tamanu juga kaya antioksidan yang bermanfaat dalam perawatan jaringan parut untuk menyembuhkan luka bekas jerawat.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *