Connect with us

Lifestyle

5 Cara Melakukan Seks yang Aman, Ketahui Mulai Sekarang

Avatar

Diterbitkan

pada

cara melakukan seks yang aman

foto ilustrasi: istimewa

FAKTUAL-INDONESIA: Ketika membicarakan seputar seks aman, hal yang paling pertama terlintas dalam pikiran kamu adalah mengenai penggunaan kondom meskipun memang dapat mencegah risiko penularan penyakit dan kehamilan yang tidak diinginkan, cara melakukan seks yang aman tidak hanya terbatas dalam penggunaan kondom.

Seks aman merupakan salah satu bentuk aktivitas seksual yang dilakukan sebagai upaya pencegahan untuk melindungi diri dan pasangan dari risiko penyakit menular. Semua bentuk kontak seksual membawa risiko tersendiri, termasuk berciuman sekalipun.

Hubungan seks dikatakan aman atau berisiko apabila kamu dan pasangan terlibat dalam aktivitas seksual tanpa tindakan pencegahan apapun, terutama tidak menggunakan kondom.

Prinsip seks aman merupakan strategi yang bertujuan untuk mengurangi risiko dan dampak buruk dari segala jenis aktivitas seksual.

Berikut beberapa cara melakukan seks yang aman yang sudah faktualid.com lansir dari hellosehat.com.

Advertisement

1. Menggunakan Kondom

Cara melakukan seks yang aman yang pertama adalah menggunakan kondom. Kondom bisa dibilang sebagai salah satu cara yang efektif untuk melindungi kamu dari penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Jika pasangan kamu kurang setuju, kamu bisa bicarakan kembali dengan pasangan kamu mengenai risiko seks tanpa menggunakan kondom yang bisa kamu berdua hadapi. Jaminan seks aman dengan kondom juga dipengaruhi oleh bagaimana kamu menggunakannya.

Namun, cara menggunakan kondom yang salah dapat merobek bahannya sehingga risiko kehamilan dan penularan penyakit juga bisa tetap mengintai kamu dan pasangan kamu.

Kamu bisa mengakalinya dengan memilih kondom yang tepat, mengetahui cara penggunaannya dengan benar, serta menggunakan pelumas tambahan untuk mencegah kondom bocor.

2. Pastikan Pasangan Kamu ingin Berhubungan Seks

Cara melakukan seks yang aman yang kedua adalah memastikan pasangan kamu ingin melakukan hubungan seks. Komunikasi merupakan salah satu kunci menjalani hubungan seksual dan bahagia. Salah satunya bentuk pesetujuan bentuk komunikasi dalam seks yaitu memberi dan mendapatkan persetujuan satu sama lain.

Advertisement

Memperikan persetujuan untuk satu aktivitas di satu waktu tidak menjamin hal ini juga berlaku jika kemudian hari kamu melakukan hubungan seks lagi.

Bila satu pihak sedang tidak mood atau memang sedang tidak ingin melakukan hubungan seks, sebaiknya jangan dipaksakan.

Baca juga: 6 Efek Sering Berhubungan Seksual, Hentikan Mulai Sekarang!

3. Jaga Kebersihan Organ Intim setelah Seks

Cara melakukan seks yang aman yang ketiga adalah jaga kebersihan organ intim setelah melakukan hubungan seks. Membersihkan penis dan vagina setelah berhubungan intim berguna untuk mencegah infeksi bakteri.

Sebab, penis dan vagina bisa jadi terpapar berbagai jenis kuman , bakteri dan kotoran dari berbagai hal ketika sedang melakukan hubungan intim. Namun, kamu perlu menghindari penggunaan sabun antibakteri atau cairan pembersih kewanitaan untuk membersihkan vagina.

Bahan kimia dari alam pembersih tersebut dapat beresiko mengacaukan keseimbangan tingkat pH di area intim kamu. Hal ini beresiko meningkatkan resiko infeksi atau iritasi. Sebaiknya, cukup bersihkan alat vital kamu dengan bersih dan ganti celana dalam yang baru.

Advertisement

4. Jalani Tes Kelamin

Cara melakukan seks yang aman yang keempat adalah menjalani tes kelamin. Lakukan pap smear jika kamu sudah berusia diatas 21 tahun dan aktif secara seksual.

Cara ini efektif sebagai langkah pencegahan dari penyakit menular seksual sehingga kamu bisa berhubungan seks dengan aman. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tes penyakit kelamin secara berkala untuk mengecek status kesehatan reproduksi kamu.

5. Bersihkan Sex Toys Setelah Digunakan

Cara melakukan seks yang aman yang terakhir adalah bersihkan sex toys setelah digunakan. Sex toys sering kali digunakan untuk menambah kenikmatan hubungan diranjang atau digunakan untuk masturbasi.

Agar kamu terhindar dari penyakit berbahaya, pastikan kamu rutin untuk membersihkan sex toys setelah digunakan. Hal ini juga berlaku meskipun kamu menggunakan mainan tersebut untuk diri sendiri.***

Baca juga: 6 Rekomendasi Alat Bantu Sex Toys, agar Lebih Intim dengan Pasangan

Advertisement
Lanjutkan Membaca