Home LifestyleFashion 8 Fakta Sulam Alis, Wajib diketahui Sebelum Melakukannya

8 Fakta Sulam Alis, Wajib diketahui Sebelum Melakukannya

oleh Farhan Zuhdi
fakta sulam alis

Ilustrasi Teknik Sulam Alis (Foto: Istimewa)

FAKTUALidSulam alis merupakan tren kecantikan yang banyak dibicarakan oleh wanita karena diangap dapat mempercantik bentuk wajah. Namun, banyak mitos dan fakta sulam alis yang sering dikait-kaitkan, seperti rasa sakit dan munculnya alergi pada wajah.

Sulam alis adalah prosedur kosmetik untuk mengisi alis dengan menanamkan pigmen berwarna. Pigmen ini memiliki tekstur menyerupai rambut asli dan dipasang mengikuti jalur pertumbuhan rambut asli yang disebut feathering.

Sebelum kamu melakukannya, kamu dapat berkonsultasi dahulu kepada teknisi untuk mendapatkan pigmen warna yang senada dengan warna rambut alis asli kamu. Dengan begitu, prosedur sulam akan menghasilkan bentuk alis baru yang terlihat lebih alami.

Sulam alis sempat menjadi opsi populer untuk mempercantik alis. Dalam sekali treatment, kamu dapat mendapatkan alis yang terlihat lebih tebal dan presisi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca juga: 14 Mitos dan Fakta Tentang Selulit, Nomor 4 Wajib Tahu

Di balik kemudahan yang didapatkan dalam sulam alis, banyak beredar kabar mengenai mitos dan fakta sulam alis, termasuk dampaknya bagi kesehatan. Jika kamu berkeinginan melakukan sulam alis alangkah baiknya mengetahui tentang fakta sulam alis yang mungkin belum kamu ketahui.

Berikut beberapa fakta sulam alis yang telah dirangkum faktualid.com dari womantalk.

Fakta Sulam Alis

1. Tidak berlaku permanen

Fakta sulam alis yang pertama adalah tidak berlaku permanen. Tato kosmetik berbeda dengan tato seni tubuh, tato jauh lebih ‘bersahabat’ dengan kulit.

Tintanya tersebut mampu bertahan selama satu hingga tiga tahun, dan dapat memudar secara alami sesuai sistem imun tubuh. Karenanya, touch up untuk memperbarui penampilan alis sangat disarankan.

2. Diperlukan 2 kali treatment untuk mendapat hasil maksimal

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu tidak bisa dengan satu kali treatment. kebanyakan orang akan kembali melakukan touch up setelah 28 hari melakukan treatment yang kunjungan yang pertama. Itu semua tergantung dari reaksi kulit atas treatment yang dilakukan pada kunjungan pertama.

3. Beda jenis kulit, beda pula resistensinya terhadap tinta

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda. Jika kamu memiliki kulit berminyak sebaiknya kamu harus berpikir dua kali. Karena kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sulit untuk menerima pigmen.

Sementara itu, pemilik bawaan keloid sebaiknya menghindari teknik sulam alis. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu disarankan berkonsultasi dengan tenaga ahli sebelum melakukan sulam alis.

Baca juga: Dipercaya Ampuh, 10 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

4. Prosesnya bisa berlangsung selama 2 jam

Dalam teknik sulam alis, waktu yang diperlukan untuk membentuk alis dengan cara microblading berkisar 10 hingga 60 menit. Itu semua tergantung pada jumlah rambut alis yang dimiliki seseorang. Sesudah melakukan proses tersebut, kamu diharuskan memakai antibiotik dan Vaseline agar mendapat hasil maksimal. Tidak lupa, kamu harus menjaga alis terbebas dari air selama seminggu.

5. Alis kanan dan kiri tidak akan pernah terlihat identik

Sebelum kamu sulam alis, kamu harus mengetahui fakta sulam alis satu ini. Kamu harus bersikap realistis karena alis kanan dan kiri tidak akan bisa terlihat serupa sampai kapanpun. Jarak mata hingga jembatan hidung antara kanan dan kiri tidak pernah sama, begitu pula tulang alis kanan dan kiri.

6. Sulam alis terasa sedikit sakit selama proses berlangsungnya

Jika kamu ingin melakukan teknik sulam alis, siap-siap merasakan sakit.  Sebelum melakukan sulam alis kamu akan diberika kirm ‘mati rasa’. walaupun kamu sudah menggunakan krim tersebut, kamu juga akan merasakan sesekali akibat tekanan dan goresan jarum. Maka dari itu, kamu perlu siapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan sulam alis.

7. Alis akan berubah warna setelah seminggu treatment

Fakta sulam alis berikutnya adalah Alis akan berubah warna setelah seminggu. Kamu tidak perlu cemas saat pertama kali keluarkan klinik kecantikan kamu melihat alis terlihat begitu pekat.

Kulit memerlukan proses pemulihan selam tiga hari, warna alis kamu akan sangat pekat karena ini merupakan proses pemulihan kulit. Setelah seminggu, warna alis akan menurun sebanyak 50%-75% dari hari pertama treatment dan inilah warna asli alis baru kamu.

8. Tetap bisa diperbaiki jika ada yang kesalahan

Banyak beredar bahwa jika salah dalam sulam alis tidak dapat diperbaiki. Kenyataan itu hanya mitos belaka, kamu tetap dalam memperbaikinya apabila ada kesalah pada sulam alis kamu.

Kesalahan bisa saja terjadi, mungkin bisa karena salah tenaga ahli yang melukis alis atau reaksi kulit kamu yang menyebabkan alis terlihat kurang bagus. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara dihapus menggunakan pigmen sewarna kulit.***

Baca juga: Untuk Perawatan Wajah, Basuhlah Muka dengan Air Mawar

You may also like

Tinggalkan Komentar