Connect with us

Fashion

5 Cara Menghilangkan Bau pada Celana Jeans yang Bisa Dicoba!

Avatar

Diterbitkan

pada

Cara menghilangkan bau pada celana jeans

Foto Ilustrasi (Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Celana jeans merupakan salah satu celana yang sering dipilih karena mudah dipadupadankan dan lebih awet. Ketika kotor dan bau, banyak orang umum membersihkannya dengan mesin cuci. Supaya maksimal, pastikan Anda menerapkan cara menghilangkan bau pada celana jeans.

Pakaian yang kotor dan tidak dicuci pasti menimbulkan bau tidak sedap, termasuk celana jeans. Jenis pakaian ini perlu dicuci secara berkala agar tetap bersih dan wangi. Namun, celana jeans memiliki perawatan yang dibilang gampang-gampang susah.

Mesin cuci memang memudahkan kita untuk membersihkan pakaian. Pasalnya, hanya dengan memencet tombol dan memasukkan detergen, pakaian akan bersih dan terbebas dari kotoran. Namun itu saja tidak cukup. Cobalah aplikasikan cara menghilangkan bau pada celana jeans yang mudah dilakukan.

Baca juga: Kenali 7 Bahaya Tidur Pakai Celana Jeans, Tinggalkan Mulai Sekarang!

Berikut beberapa cara menghilangkan bau pada celana jeans yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan detergen

Cara menghilangkan bau pada celana jeans yang pertama yaitu menggunakan deterjen. Penggunaan deterjen bertujuan untuk memudahkan ketika mencuci. Caranya, letakkan jeans di permukaan yang rata, seperti meja atau papan setrika.

Advertisement

Setelah itu, bersihkan dengan kain lap yang dibasahi air dan deterjen cair. Jika ada noda yang membandel, gosok area tersebut hingga bersih. Bilas dengan lap dan celupkan ke dalam air bersih yang sudah mengandung detergen untuk menghilangkan sisa deterjen.

2. Gantung di luar ruangan

Cara menghilangkan bau pada celana jeans

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Perlu diketahui, jangan terlalu sering mencuci celana jeans karena bisa membuat celana jeans lebih cepat rusak karena sering terkena air. Biasanya, seseorang yang celananya terkena air hujan atau bau langsung mencucinya dengan air.

Supaya jeans tetap awet, cobalah untuk menggantungnya di luar ruangan selama 30 menit di bawah sinar matahari dengan catatan celanamu tidak terkena noda.

Baca juga: 7 Tips Merawat Celana Jeans agar Tetap Terjaga Kualitasnya,

3. Merendam jeans dengan air

Cara menghilangkan bau pada celana jeans berikutnya yaitu merendamnya di dalam air. Aplikasikan dengan menggunakan air hangat lalu mencampurkan sedikit deterjen cair ke dalam rendaman.

Selanjutnya, rendam celana menggunakan sedikit pewangi pakaian ke dalam rendaman. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Jika dilakukan dengan tepat, maka warna jeans akan awet, bau tidak sedap hilang, tidak mudah luntur, bersih, dan bahkan terlihat seperti baru.

4. Gunakan alat uap

Cara menghilangkan bau pada celana jeans

Foto Ilustrasi (Istimewa)

Alat uap bisa membantu celana menjadi cepat kering. Untuk mengaplikasikannya, pastikan mempunyai alat uap khusus pakaian atau setrika uap. Namun, jika tidak memilikinya, didihkan air panas lalu meletakkan celana jeans di atas air yang mendidih supaya terkena uapnya untuk menghilangkan aroma tak sedap sekaligus menghaluskan material jeans.

5. Manfaatkan cuka

Memang kurang masuk akal jika cuka digunakan sebagai cara menghilangkan bau pada celana jeans. Sebab, cuka memiliki bau asam yang kurang sedap. Disamping itu, air cuka mampu menghilangkan bau apek pada jeans dengan hanya menyemprotkan celana.

Advertisement

Meski awalnya tercium bau cuka, setelah dikeringkan nantinya celana jeans akan kembali segar dan tidak bau.***

Baca juga: 4 Cara Mengembalikan Warna Jeans yang Memudar Secara Cepat dan Mudah

Lanjutkan Membaca
Advertisement