Home Lapsus ASN Masih Banyak Peminat, Bahkan Sekelas Artis

ASN Masih Banyak Peminat, Bahkan Sekelas Artis

oleh Syawal G

FAKTUAL INDONESIA: Bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menjadi daya tarik. Banyak orang yang berminat menjadi ASN, bahkan sekelas artis sekalipun.

Diketahui ada beberapa nama artis yang meninggalkan dunia hiburan Tanah Air dan memilih menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau sekarang yang lebih dikenal sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, ada pula yang menjadi ASN sembari tetap aktif melakoni profesi sebagai seniman.

Keputusan para artis yang lepas total dari dunia hiburan dan menjatuhkan pilihan untuk mengabdi kepada negara tersebut, tak melulu karena gagal dalam berkarier di dunia entertainment. Melainkan, lantaran berbagai alasan tertentu.

Lantas siapa saja mereka?

Ellen Cherrybelle

Mantan anggota girlband, Cherrybelle, Ellen Nita Vindriana termasuk salah satu artis yang beralih profesi menjadi PNS. Hengkang dari girlband yang membesarkan namanya di 2016 silam, kini Ellen diketahui menjadi salah satu dosen di kampus Politeknik Negeri Malang.

Diketahui pula, sejak lama ia telah memimpikan untuk berkarier di bidang pendidikan. Kini, ia pun berhasil mengejar impiannya yang sempat tertunda.

Risa Saraswati

Penyanyi, penulis, vlogger dan mantan presenter acara televisi bernuansa mistis yakni Risa Saraswati juga menekuni profesi sebagai ASN. Meskipun kariernya di dunia hiburan terbilang sukses, Risa ternyata memilih ASN menjadi profesi utamanya. Saat ini artis berusia 36 tahun itu bekerja di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Edwin Manangsang

Personel dari Trio Libels yang dikenal dengan hits Jerat-Jerat Cinta dan Aku Suka Kamu dan sukses menjadi seleb paling populer di tahun 90-an, yakni Edwin Rizal Manansang juga beralih profesi menjadi ASN.

Saat ini, Edwin menjabat sebagai Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi dan Multilateral di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian.

Fryda Lucyana

Masih ingat dengan Fryda Lucyana? Seleb yang dikenal melalui lagu Segala Rasa Cinta dan Rindu, salah satu lagu Agnez Mo yang didaur ulang kembali. Penyanyi berparas ayu ini sempat populer di tahun 90-an. Lama tak muncul, ia diketahui telah menjadi ASN dan bekerja di Kementerian Sekretarian Negara.

Sherly Malinton

Sylvia Sherly Chaterina atau yang lebih dikenal dengan nama Sherly Malinton ini juga merupakan entertainer yang beralih profesi menjadi seorang ASN. Ia sebelumnya dikenal sebagai penyanyi, pelukis, penulis puisi, model, jurnalis, penyiar radio Prambors.

Ia juga membintangi film ‘Gita Cinta dari SMA’ (1979) dan ‘CHIPS’ bersama Warkop DKI (1982). Menjadi ASN, Sherly bekerja di Kementerian Luar Negeri. Namun, kini diketahui ia telah pensiun.

Luh Paramita Ardianti

Gak semua finalis Akademi Fantasi Indosiar (AFI) terjun jadi penyanyi. Misalnya seperti Luh Paramita Ardianti yang kini berprofesi sebagai ASN di bagian Humas dan protokol pemerintah Kota Denpasar.

Phopi Ratna Agustin

Ingat dengan vokalis band metal Hardcore asal Bandung? Ya dia adalah Phopi Ratna Agustin atau yang sering dikenal dengan Phopi RA. Kini wajah Phopi jarang muncul di TV karena ia sudah resmi jadi ASN di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat.***