Home Lapsus PON XX: Kebangkitan dari Timur

PON XX: Kebangkitan dari Timur

oleh Gungdewan
Prosesi penyerahan Bendera Pekan Olahraga Nasional (PON) pada acara penutupan PON XX Papua, Jumat 15 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe Papua. (Foto: PB PON XX PAPUA / Erly Bahtiar)

Prosesi penyerahan Bendera Pekan Olahraga Nasional (PON) pada acara penutupan PON XX Papua, Jumat 15 Oktober 2021 di Stadion Lukas Enembe Papua. (Foto: PB PON XX PAPUA / Erly Bahtiar)

FAKTUAL-INDONESIA: Hari  Jumat, tanggal 15 Oktober 2021, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua resmi ditutup. Pesta olahraga terakbar empat tahunan nasional yang dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ditutup oleh Wakil Presiden Makruf Amin di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

Upacara pembukaan dan penutupan berlangsung meriah, indah, mengagumkan dan menggembirakan. Papua membuka dan menutup dengan pesta yang luar biasa.

Tuan rumah Papua memang pantas berpesta. Kerja keras yang dilakukan selama bertahun-tahun dan sangat berat karena adanya pandemi virus corona (Covid-19) mampu membuahkan hasil yang luar biasa. Ketika ditunjuk sebagai tuan rumah PON XX, Papua sudah mencatat sejarah. Maka kini setelah pesta berlangsung dan usai, Papua pun menorehkan sejarah.

Berbagai pujian mengarah kepada Papua yang dalam kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe mampu menyelesaikan tugas besar dengan sukses. Harga diri Papua dan tentunya juga Indonesia terangkat.  Torang Bisa memang benar terbukti bisa.

Bukan saja mampu menjadi penyelenggara, Papua juga berhasil meraih prestasi membanggakan. Kontingen Papua berhasil melewati target masuk lima besar dengan bercokol di posisi keempat di bawah Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Khsusu Ibukota (DKI) Jakarta. Kegairahan masyarakat Papua juga sangat tinggi untuk menyaksikan pertandingan di berbagai arena yang tersebar di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

Kegairahan masyarakat Papua dan kehadiran ribuan tamu dari 33 Provinsi ikut menggeliatkan ekonomi di Bumi Cendrawasih. Terselenggaranya PON dengan lancar juga mengangkat Papua sebagai daerah yang aman. Kondisi aman ini membuat para tamu juga tidak ragu-ragu berwisata ke tempat-tempat wisata di Papua yang terkenal memiliki alam yang indah dengan keramahan masyarakatnya.

Dengan demikian provinsi di ujung Timur Indonesia berhasil meraih sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi dan ditambah lagi menerapkan protokol kesehatan di tengah serangan Covid-19 yang berlum berakhir hingga kini di Indonesia maupun dunia. Tinggal kini Papua perlu membuktikan sukses administrasi seusai pelaksanaan PON.

Papua juga memiliki tugas besar untuk merawat dan memanfaatkan venue-venue warisan PON XX yang megah dan sudah berstandar nasional hingga internasional. Pemerintah bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua perlu menggalakan pelaksanaan event-event nasional dan internasional di sini. Selain itu Papua juga bisa menjadi pusat pembinaan atlet berskala nasional.

Ke depan tugas bukan saja ada di pundak Papua. Kebangkitan Olahraga Indonesia dan bahkan Kebangkitan Bangsa Indonesia dari Timur harus mampu ditingkatkan lagi oleh para insan olahraga dan masyarakat Indonesia. PON XX Papua harus dijadikan pijakan kebangkitan olahraga Indonesia untuk meraih prestasi lebih cepat, lebih tinggi dan terkuat di tingkat Asia Tenggara, Asia maupun dunia. Dari Timur pula bangsa Indonesia perlu pula membuktikan kepada dunia luar bahwa selain indah, ramah, kaya raya, dan subur, juga Tangguh, Tumbuh dan Maju.

Papua bukan memberikan harapan namun kepercayaan diri dan kemampuan untuk membuat karya besar. Cerita sukses Papua menjadi tantangan bagi tuan rumah PON XXI yang juga bersejarah karena untuk pertama kalinya dilaksanakan  di dua provinsi, Sumatera Utara dan Aceh. Semoga Sumut dan Aceh bisa menghadirkan kesuksesan dan kebangkitan yang lebih baik. Selamat tinggal Papua sampai jumpa di Sumut dan Aceh. Dari Timur menuju Barat. Sambung menyambung meraih sukses demi kejayaan Indonesia. ***

= = = = = = = = =

‘HUBUNGI KAMI’

Apakah Anda tertarik  dengan informasi yang diangkat dalam tulisan ini? Atau Anda memiliki informasi atau ide soal politik, ekonomi, hukum dan lainnya? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda dengan mengirim email ke aagwared@gmail.com

Harap sertakan foto dan nomor kontak Anda untuk konfirmasi. ***

= = = = = = = = =

You may also like

Tinggalkan Komentar