Connect with us

Internasional

Lagi, Remaja Palestina Tewas Tertembak Tentara Israel di Tepi Barat

Avatar

Diterbitkan

pada

Remaja Palestina Tewas Tertembak Tentara Israel

Lagi, Remaja Palestina Tewas Tertembak Tentara Israel di Tepi Barat (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Seorang remaja Palestina tewas terbunuh tertembak tentara Israel dalam serangan di dekat kota Jenin di Tepi Barat yang didudukinya.

Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pemuda itu sebagai Odai Trad Salah yang berusia 17 tahun, dan mengatakan dia ditembak di kepala pada Kamis pagi di desa Kufr Dan di pinggiran barat Jenin, melansir Al-Jazeera, Jumat (16/9/2022).

Konfrontasi pecah setelah tentara Israel menyerbu Kufr Dan saat fajar. Setidaknya tiga warga Palestina lainnya terluka, termasuk satu yang dalam kondisi kritis.

Baca juga: Hamas Eksekusi 2 Pria Palestina yang Berkolaborasi dengan Israel di Jalur Gaza

Menurut kantor berita resmi Wafa Palestina, pasukan Israel menggerebek rumah dua warga Palestina dari Kufr Dan yang tewas pada hari Rabu.

Kedua pria itu, Ahmad Abed, 23 tahun, dan Abdul Rahman Abed, 22 tahun, telah membunuh seorang tentara Israel dalam baku tembak di pos pemeriksaan militer Jalama di utara Jenin.

Advertisement

“Tersangka bersenjata melemparkan alat peledak dan bom molotov dan menembak ke arah tentara. Sebagai tanggapan, tentara menembak ke arah tersangka. Serangan diidentifikasi,” kata tentara Israel.

Pada hari Kamis, tentara Israel melakukan prosedur awal dalam persiapan untuk pembongkaran rumah keluarga mereka. Mereka juga menginterogasi keluarga laki-laki itu di lapangan, sebelum menangkap salah satu kerabatnya.

Israel secara teratur menghancurkan rumah-rumah warga Palestina yang telah melakukan serangan terhadap tentara atau warga sipil Israel, dalam kebijakan yang disebut kelompok hak asasi manusia sebagai “hukuman kolektif”, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Baca juga: Israel Membunuh Militan Nomor 2 Palestina, Korban Meningkat dalam serangan Udara di Gaza

Ayah Salah, Trad, mengatakan kepada media lokal bahwa putranya “seperti anak lain pada awal hidupnya” dan mengatakan bahwa pasukan Israel telah “membunuhnya tanpa alasan”.

“Seluruh rakyat Palestina seperti Odai. Pembunuhan telah terjadi setiap hari, mereka terjadi dengan cara yang mengerikan, ”kata Trad. “Kami tidak lagi memiliki mimpi di negara ini.”

Advertisement

Sebuah prosesi pemakaman diadakan untuk remaja itu pada Kamis pagi.

Pasukan Israel menangkap 18 warga Palestina dalam serangan semalam, termasuk 11 dari daerah Jenin. Delapan dari mereka berasal dari Kufr Dan, menurut Masyarakat Tahanan Palestina.

Tentara Israel secara teratur melakukan operasi penggerebekan, pencarian dan penangkapan di kota-kota Palestina di Tepi Barat yang diduduki, yang telah meningkat tahun ini dengan orang-orang Palestina ditangkap hampir setiap hari.

Pemuda Palestina sering menanggapi serangan Israel dengan melemparkan batu, yang pasukan Israel secara teratur menanggapi dengan amunisi hidup, menyebabkan kematian dan cedera.

Baca juga: Warga Palestina Tewas Setelah Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

Selama tahun lalu, serangan Israel telah difokuskan di Tepi Barat yang diduduki utara, terutama di Jenin dan Nablus, di mana perlawanan bersenjata Palestina menjadi lebih terorganisir.

Advertisement

Pejuang Palestina telah melakukan penembakan di pos pemeriksaan militer Israel dan telah menanggapi serangan Israel dengan tembakan langsung.***

Lanjutkan Membaca