Connect with us

Internasional

Berlian Paling Sempurna di Dunia Dipamerkan di Sotheby’s Dubai

Avatar

Diterbitkan

pada

Berlian Paling Sempurna di Dunia

Berlian Paling Sempurna di Dunia Dipamerkan di Sotheby’s Dubai (Foto: The National)

FAKTUAL-INDONESIA: Berlian langka paling sempruna atau tanpa cacat terbesar di dunia senilai $15 juta atau sekitar Rp 231 Miliar dipamerkan di balai lelang Sotheby’s Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).

Menurut Gemological Institute of America, berlian kuning berbentuk buah pir ‘Golden Canary’ memiliki berat 303,10 karat, dan menjadikannya berlian tanpa cacat terbesar di dunia.

Batu unik ini akan memulai perjalannya di Dubai kemudian menjalani tur dunianya di sejumlah galeri Sotheby lainnya di beberapa negara, sebagaiman dikutip Al-arabiya, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Setelah Ratu Elizabeth II Wafat, India Masih Berharap Berlian Kohinoor Dikembalikan

Setelah dipamerkan di Dubai, berlian itu akan melakukan perjalanan ke Taipei, Hong Kong dan Jenewa sebelum tiba di New York untuk dijual pada 7 Desember sebagai bagian dari penjualan Sotheby’s New York Magnificent Jewels.

Adapun nilai berlian tersebut sekitar $15 juta ditaksir oleh Sotheby’s, namun akan tetap dijual dengan harga berapa pun dengan nilai tertinggi pada hari itu.

Advertisement

Saat ini berlian itu dipajang di galeri Sotheby’s Dubai di DIFC. Pada bulan September, salah satu berlian merah muda paling murni dan paling jenuh di dunia juga diresmikan oleh Sotheby’s Dubai di Dubai Diamond Exchange, menjelang tur ke Singapura, Taipei, dan Hong Kong.

Berlian dengan berat 11,15 karat, disebut ‘Williamson Pink Star’ adalah berlian merah muda mewah tanpa cacat internal, dan terbesar kedua yang pernah muncul di pelelangan.

Baca juga: Mantan Ibu Negara Malaysia Terdakwa Korupsi Punya Koleksi 567 Tas Mewah dan Berlian Merah

Golden Canary bergabung dengan perusahaan dalam daftar batu bersejarah yang penting, telah dipamerkan di Dubai.

Butuh waktu sekitar 20 menit –berlian merah muda mewah tanpa cacat internal terbesar kedua yang pernah muncul di lelang– untuk dijual dalam penjualan yang berdiri sendiri, seperti yang terlihat melalui streaming langsung dilakukan Sotheby.

Harga per karatnya lebih dari $5 juta dan telah memecahkan rekor lelang sebelumnya. Ini adalah permata atau batu permata paling berharga kedua yang pernah dijual di pelelangan — hanya diunggulkan oleh CTF Pink Star yang memecahkan rekor, berlian campuran oval 59,60 karat, yang dijual di Sotheby’s seharga $71,2 juta pada April 2017, dan masih memegang rekor lelang dunia untuk berlian, batu permata, atau permata apa pun.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement