Home Internasional Pangeran Charles Serukan Pemimpin Dunia Atasi Perubahan Iklim

Pangeran Charles Serukan Pemimpin Dunia Atasi Perubahan Iklim

oleh Joko Ham
Pangeran Charles. (Ist)

Pangeran Charles. (Ist)

FAKTUALid –  Pewaris tahta Kerajaan Inggris  menyerukan kepada pemimpin dunia, untuk peduli dengan perubahan iklim.

Seruan Pangeran Charles menegaskan pemimpin dunia untuk mau dan peduli mengatasi perubahan iklim dengan skala dan kecepatan yang sama seperti penanganan pandemi Covid-19.

Pernyataan disampaikan Pangeran Charles dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)  G7 di Cornwall, Inggris pada Jumat (11/6/2021).

Dalam pernyataannya, Pangeran Charles membandingkan perubahan iklim dengan Covid-19 yang sama-sama telah memicu krisis lintas perbatasan.

“Darurat kesehatan global telah memperlihatkan kepada kita mengenai seperti krisis lintas batas itu,” kata Pangeran Charles, dilansir dari laman Sydney Morning Herald pada Sabtu, 12 Juni 2021.

“Perubahan iklim dan berkurangnya biodiversitas juga merupakan krisis lintas perbatasan, di mana solusinya telah lama diperbincangkan dan tertunda untuk jangka waktu yang terlalu panjang,” sambungnya.

Menurut Pangeran Charles, pandemi Covid-19 merupakan contoh nyata di mana komunitas global dapat bergerak bersama menangani krisis dalam skala dan kecepatan yang luar biasa. Ia ingin aar penanganan perubahan iklim juga dilakukan seperti itu.

“Kita semua melakukan ini untuk mengatasi pandemi. Jadi, kita semua juga harus melakukan hal yang sama untuk planet ini,” ungkapnya, merujuk pada perang melawan perubahan iklim.

Berita seputar kerajaan Inggris mendominasi pemberitaan KTT G7 yang digelar di hari pertama pada Jumat kemarin. Selain seruan Pangeran Charles, Ratu Inggris Elizabeth II juga menjadi pemberitaan karena sempat bergurau dalam sesi foto bersama jajaran petinggi G7.

Kerajaan Inggris merupakan salah satu soft power terbaik Britania Raya. Pihak kerajaan biasanya diminta untuk menyampaikan pernyataan penting dalam acara-acara internasional yang digelar di Inggris, termasuk KTT G7 tahun ini.***

 

Tinggalkan Komentar