Connect with us

Internasional

Anak Perempuan 4 Tahun Ditemukan di Rumah Terkunci Setelah 18 Hari Menghilang

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Cleo Smith menghilang selama 18 hari dari tenda keluarganya di malam pertama liburan mereka di bumi perkemahan Quobba Blowholes

Cleo Smith menghilang selama 18 hari dari tenda keluarganya di malam pertama liburan mereka di bumi perkemahan Quobba Blowholes

FAKTUAL-INDONESIA: “Berita luar biasa dan melegakan.”

Begitu pernyataan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam twitternya mengomentari ditemukannya kembali Cleo Smith, bocah berusia empat tahun, setelah menghilang selama 18 hari.

Menurut polisi, anak perempuan berusia empat tahun di bagian terpencil Australia Barat ditemukan dalam keadaan hidup dan sehat di sebuah rumah terkunci, Rabu dini hari.

Cleo Smith menghilang dari tenda keluarganya di sebuah perkemahan dekat kota Carnarvon pada 16 Oktober, memicu pencarian besar-besaran.

Seorang pria berusia 36 tahun ditahan dan diinterogasi oleh detektif.

Advertisement

Polisi menerobos masuk ke sebuah rumah di Carnarvon pada dini hari Rabu, mengikuti petunjuk forensik.

“Mereka menemukan Cleo kecil di salah satu kamar,” kata Wakil Komisaris Kol Blanch dari Kepolisian WA dalam sebuah pernyataan.

“Salah satu petugas mengangkatnya ke dalam pelukannya dan bertanya, ‘Siapa namamu?’ Dia bilang ‘Namaku Cleo’.”

Gadis itu telah dipersatukan kembali dengan orang tuanya, yang telah membuat permohonan putus asa untuk kembalinya Cleo.

“Keluarga kami utuh kembali,” tulis ibunya, Ellie Smith, di Instagram.

Advertisement

Rekaman polisi tentang penyelamatan Cleo – yang belum dirilis – menunjukkan dia “tersenyum” dan “sebaik yang kita harapkan dalam keadaan itu,” kata Komisaris Chris Dawson, yang menambahkan dia menerima perawatan medis.

Pihak berwenang mengatakan pria yang ditahan tidak memiliki hubungan dengan keluarga Smith. Tidak ada biaya yang dikenakan.

Rumah tempat Cleo ditemukan berjarak sekitar enam menit berkendara dari rumah keluarganya di Carnarvon, yang berpenduduk sekitar 5.000 orang.

Komisaris Dawson berkata: “Saya pikir Australia sedang bersukacita.”

“Untuk menemukan seorang gadis kecil – seorang gadis kecil yang rentan – setelah 18 hari. Anda tahu, jelas orang berpikir yang terburuk, tetapi yang terpenting harapan tidak pernah hilang,” tambah komisaris.

Advertisement

Keluarga Cleo berada di malam pertama liburan mereka di bumi perkemahan Quobba Blowholes ketika dia hilang antara pukul 01:30 dan 06:00 pada tanggal 16 Oktober.

Situs terpencil di Macleod berjarak sekitar 900km (560 mil) utara Perth, dan merupakan daya tarik lokal di Coral Coast negara bagian – yang terkenal dengan pemandangan laut yang berangin, gua laut, dan laguna.

Cleo telah tidur di kasur udara di sebelah ranjang adik perempuannya. Ketika ibunya, yang telah tidur di kamar kedua tenda, bangun di pagi hari, Cleo sudah pergi dan pintu tenda terbuka.

Polisi mengatakan ini menimbulkan ketakutan akan penculikan. Ms Smith bersikukuh bahwa Cleo tidak bisa meninggalkan tenda sendirian.

Satuan tugas yang terdiri dari 100 petugas dikirim dari ibu kota negara bagian, Perth, untuk bergabung dalam pencarian besar-besaran di udara, darat dan laut. Pesawat pengintai digunakan untuk menyisir daerah yang jarang penduduknya.

Advertisement

Pihak berwenang menawarkan hadiah $750.000 untuk informasi tentang keberadaan Cleo.

Kasus ini menarik perhatian internasional, dan ada laporan bahwa pemburu hadiah telah melakukan perjalanan ke wilayah tersebut setelah hadiah uang tunai ditawarkan.

Wakil Komisaris Blanch mengatakan mereka menjelajahi ribuan informasi untuk mencari “jarum di tumpukan jerami”.

“Tadi malam mereka menemukan jarum yang membawa mereka ke alamat itu dan menyelamatkan Cleo,” katanya kepada Network Seven.

Polisi mengatakan itu melibatkan informasi tentang sebuah mobil, tetapi tidak akan menjelaskan lebih lanjut.

Advertisement

ABC News melaporkan seorang pria yang tinggal di rumah itu baru-baru ini terlihat oleh tetangganya yang sedang membeli popok.

“Kami tidak mengklik untuk siapa … dia membelinya,” kata tetangga itu seperti dikutip.

Berita bahwa Cleo telah ditemukan memicu rasa lega yang besar di masyarakat setempat.

“Selama 18 hari kami dipenuhi dengan kecemasan dan kekhawatiran,” kata presiden Carnarvon Shire Eddie Smith kepada radio 2GB Australia.

Wakil Komisaris Blanch mengatakan kepada radio 6PR bahwa “luar biasa melihat detektif kawakan secara terbuka menangis lega”.

Advertisement

Polisi mengatakan mereka tidak mengharapkan hadiah itu diklaim. ***

= = = = = = = = =

‘HUBUNGI KAMI’

Apakah Anda tertarik  dengan informasi yang diangkat dalam tulisan ini? Atau Anda memiliki informasi atau ide soal politik, ekonomi, hukum dan lainnya? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda dengan mengirim email ke aagwared@gmail.com

Harap sertakan foto dan nomor kontak Anda untuk konfirmasi. ***

Advertisement

= = = = = = = = =

Lanjutkan Membaca