Connect with us

Internasional

Topan Gabrielle Mereda, Selandia Baru Umumkan Keadaan Darurat

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Jembatan Waiohiki hanyut di Napier.

Jembatan Waiohiki hanyut di Napier.

FAKTUAL-INDONESIA: Topan Gabrielle menyapu jalan, menggenangi rumah, dan menyebabkan 225.000 orang tanpa listrik di Selandia Baru, saat keadaan darurat nasional diumumkan pada hari Selasa.

Angin kencang dan hujan deras menerpa North Island yang berpenduduk padat di negara itu, yang oleh Perdana Menteri Chris Hipkins disebut sebagai “peristiwa cuaca paling signifikan yang pernah dilihat Selandia Baru di abad ini”.

“Dampaknya signifikan dan meluas,” katanya. “Keparahan dan kerusakan yang kami lihat belum pernah dialami dalam satu generasi.”

Tingkat keparahan terungkap pada siang hari pada hari Selasa, dengan jalan-jalan yang digerogoti oleh tanah longsor dan rumah-rumah yang runtuh terkubur dalam lumpur, lanau, dan banyak detritus badai. Pohon tumbang menghancurkan kabel listrik dan air banjir memblokir beberapa jalan utama, membuat masyarakat terlantar.

Media lokal melaporkan beberapa orang dipaksa berenang dari rumah mereka ke tempat aman. Yang lain mengarungi air badai sementara beberapa terpaksa berlindung di tempat.

Advertisement

Diperkirakan 2.500 orang telah mengungsi dari rumah mereka, tetapi jumlah itu tampaknya akan meningkat.

Lebih dari tiga perempat dari lima juta penduduk Selandia Baru tinggal di Pulau Utara, di mana beban badai dirasakan dan di mana beberapa daerah masih tidak dapat diakses melalui jalan darat dan tanpa listrik atau telekomunikasi.

Jalan utama antara ibu kota Wellington dan kota terbesar di negara itu, Auckland, ditutup. Tiga jaringan ponsel utama Selandia Baru mengatakan total 455 situs seluler sedang offline.

Penerbangan internasional dan domestik telah dihentikan, dengan Air New Zealand saja melaporkan lebih dari 600 penerbangan dibatalkan dan 35.000 pelanggan terpengaruh, meskipun bandara secara bertahap dibuka kembali.

Militer telah dikerahkan untuk membantu evakuasi, sementara Pemadam Kebakaran dan Darurat Selandia Baru mengatakan seorang petugas pemadam kebakaran terluka dan seorang lainnya hilang ketika sebuah rumah ambruk di sebelah barat Auckland. Pencarian sedang dilakukan. ***

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement