Connect with us

Hukum

Komitmen Berantas Korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri Sowan Ketum PBNU Gus Yahya

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Pertemuan Firli dengan Gus Yahya. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketua KPK Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Firli Bahuri, sowan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Selasa {15/3/2022). Keduanya adalah sahabat lama, sejak Firli masih menjabat Kapolda NTB.

“Katakanlah ini pertemuan sahabat lama. Beliau sudah saya kenal sejak menjadi Kapolda NTB,” ungkap Gus Yahya, selepas bertemu Firli di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya, Jakarta.

Karena bukan kunjungan resmi, pertemuan kedua teman lama tersebut dikemas santai di ruang Ketua Umum PBNU, dab berlangsung sekitar dua jam.

“Kami lebih berbicara dari hati ke hati menyangkut banyak isu. terutama fenomena korupsi yang marak belakangan ini,” terangp Gus Yahya.

Advertisement

Meski relatif santai, namun Gus Yahya secara resmi tetap menyatakan keinginan PBNU bekerja sama dengan KPK, agar bisa memberi pelatihan anti korupsi ke semua jajaran PBNU, dari pusat sampai tingkat PCNU atau Kabupaten/Kota.

“NU butuh KPK lantaran banyak agenda kerja sama dengan pemerintahan yang eksekusinya dilakukan cabang. Karenanya cabang mesti memahami parameter secara benar, agar pelaksanaan program berjalan bersih,” tegas Gus Yahya.

Selain itu, Gus Yahya juga menawarkan kerja sama antara PBNU dengan KPK, terkait kampanye anti-korupsi yang lebih luas serta membangun kesepahaman antara NU dengan KPK.

“Mengingat NU berkepentingan seluruh ekosistem NU benar-benar bersih dari korupsi. Semua lembaga, entitas apa pun yang terkait NU harus bersih dari korupsi. Sehingga NU bisa berperan membangun budaya anti-korupsi,” pungkas Gus Yahya.

Ketua KPK Firli Bahuri, tiba di PBNU ditemani sejumlah staf pukul 08.00 WIB. Firli langsung diajak Gus Yahya naik ke lantai dua Gedung PBNU. Pertemuan keduanya berlangsung hingga pukul 9.30 WIB.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement