Connect with us

Hukum

Geger, Warga Blora Temukan Bom Aktif 50 Kg di Area Kuburan

Avatar

Diterbitkan

pada

Warga Blora Temukan Bom Aktif 50 Kg

Warga Blora Temukan Bom Aktif 50 Kg di Area Kuburan (Foto: Murianews)

FAKTUAL-INDONESIA: Seorang warga Desa Patalan Kecamatan Blora Kabupaten Blora Jawa Tengah benama Kumaidi (36) menemukan bom aktif seberat 50 kilogram di sekitar area pemakaman desa setempat, Sabtu (6/8/2022).

Hal itu bermula saat dirinya penasarannya terkait cerita adanya benda-benda zaman dulu yang terpendam di sekitar makam desa.

“Saya iseng-iseng mencari karena menurut orang jaman dulu disana (Pemakaman) banyak sisa peninggalan perang disimpan,” kata Kumaidi di lokasi.

Berkat rasa penasaran tersebut, Kumaidi melakukan pencarian menggunakan alat metal detector. Tiba-tiba alat metal detektor miliknya mendeteksi adanya logam.

Baca juga: Benda Diduga Bom Granat Zaman Portugis Diamankan Polda Malut

Setelah digali di kedalaman sekitar 60-70 cm, ternyata logam yang didefeksi alat metal detector miliknya adalah sebuah bom besar berukuran panjang 70 cm dan berat 50 kg.

Advertisement

Bom tersebut diduga merupakan sisa peninggalan perang. Saat ditemukan, bom itu sudah berkarat. Di perkirakan, bom itu sudah berusia ratusan tahun.

Penemuan itu lalu ia laporkan ke Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat.

“Saya tidak tahu kalau ini aktif mas. Saya angkat saja bersama teman. Lalu saya bersihkan di rumah,” ucapnya.

Kumaidi menduga di lokasi itu masih banyak benda-benda peninggalan jaman perang. “Mungkin masih banyak kalau dicari. Karena menurut orang-orang tua dulu disana memang tempat disembunyikannya benda-benda seperti itu,” ujarnya.

Baca juga: Bercanda Soal Bom, Mantan Bupati Buton Selatan Diturunkan dari Pesawat

Wakasubden II Gegana Brimobda Jateng AKP M Huda mengatakan, benda yang diduga bom tersebut akan sudah evakuasi oleh tim Jihandak Polda Jateng pada Minggu (7/8/2022) dan berhasil diledakkan.

Advertisement

“Bom dimusnahkan dengan cara diledakkan (disposal) di kawasan hutan milik Perhutani di pinggir desa setempat,” ujarnya, dikutip dari LingkarJateng, Senin (8/8/2022).

Ia menjelaskan, bom tersebut merupakan bom jenis pesawat. Namun, ia belum bisa memastikan apakah benda tersebut dari peninggalan Belanda atau Jepang.***

Lanjutkan Membaca