Connect with us

Hukum

Kasus Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam: Karo Paminal dan Kapolres Jaksel Dinonaktifkan untuk Jaga Independensi dan Transparansi Timsus

Avatar

Diterbitkan

pada

Karo Paminal dan Kapolres Jaksel Dinonaktifkan Untuk Jaga Independensi dan Transparansi Timsus

Karo Paminal dan Kapolres Jaksel Dinonaktifkan Untuk Jaga Independensi dan Transparansi Timsus (Foto: Antara)

FAKTUAL-INDONESIA: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menonaktifkan Kepala Biro Pengamanan Internal (Paminal) Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdy Susianto dari jabatannya.

Pencopotan dua perwira tinggi polisi itu disampaikan Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Dedi Prasetyo di hadapan awak media terkait kasus kematian Brigadir J di kediaman Irjen Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

Penonaktifkan keduanya diharapkan Polri dapat menjaga independensi serta transparansi tim kasus yang bekerja mengungkap kasus penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Baca juga: Faktor Ini Membuat Kasus Baku Tembak di Rumah Dinas Kadiv Propam yang Tewaskan Brigadir J akan Jadi Cerita Panjang

“Untuk menjaga independensi tersebut, transparansi dan akuntabel pada malam hari ini bapak Kapolri memutuskan untuk menonaktifkan dua orang. Yang pertama Karo Paminal Brigjen Pol Hendra Kurniawan, yang kedua yang dinonaktifkan pada malam hari ini adalah Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdy Susianto,” kata Dedi, Rabu (20/7/2022).

Pengganti Kombes Budhi Herdi Susianto dilakukan secara administratif oleh Polda Metro Jaya. “Nanti secara administratif akan ditunjuk oleh Kapolda Metro Jaya,” kata Dedi.

Advertisement

Dalam pengungkapan kasus ini, kata Dedi, Kapolri berkomitmen agar tim harus bekerja secara profesional maksimal dengan proses pembuktian secara ilmiah.”Ini merupakan suatu keharusan,” kata Dedi.

Dedi juga mengungkap pihaknya sudah menemukan rekaman CCTV menyangkut kejadian terkait penembakan Brigadir J. Sebelumnya CCTV ini dikatakan rusak atau tidak berfungsi.

“Kita sudah menemukan CCTV yang bisa mengungkap secara jelas kontruksi kasus ini. CCTV ini sedang didalami oleh timsus, dan nanti akan dibuka jika proses penyidikan selesai,” katanya.***

Baca juga: Kasus Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam: Muncul Sederet Nama, Pengganti Ferdy Sambo Harus Bisa menjadi Penyelesai Masalah

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement