Connect with us

Hukum

Rafael Alun Bakal Diperiksa KPK pada Senin, 3 April Ini

Avatar

Diterbitkan

pada

Rafael Alun Trisambodo kini ditetapkan sebagai tersangka kasus pencucian uang. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, Rafael Alun Trisambodo (RAT) belum ditahan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak tersebut pada Senin (3/4/2023) ini.

Rafael Alun diduga terlibat kasus pencucian uang dan juga diduga melibatkan artis P dan R.

“Iya betul, informasi yang kami peroleh, beberapa hari lalu, penyidik telah berkirim surat panggilan kepada tersangka untuk hadir di Gedung Merah Putih KPK pada hari Senin (3/4/2023),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Minggu (2/4/2023), dikutip Antara.

Ali memastikan KPK menjamin seluruh hak hukum Rafael dan memastikan prosesnya sesuai dengan prosedur.

“Kami pastikan seluruh prosesnya kami lakukan sesuai dengan ketentuan hukum, termasuk kami juga berikan kesempatan yang sama terhadap tersangka untuk menggunakan hak-haknya,” kata dia.

Advertisement

Ali pun berharap Rafael bersifat kooperatif dan hadir memenuhi panggilan penyidik untuk memberikan keterangan.

Penyidik KPK telah meningkatkan status kasus Rafael Alun Trisambodo ke tahap penyidikan sekaligus menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka.

KPK telah menemukan dugaan pidana korupsi yang dilakukan mantan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II itu.

KPK memperkirakan Rafael Alun menerima gratifikasi hingga puluhan miliar rupiah dalam kurun waktu 2011 sampai dengan 2023.

Dijelaskan pula bahwa angka tersebut diperoleh berdasarkan perhitungan penyidik dari alat bukti yang ditemukan penyidik, salah satunya adalah safe deposit box (SDB) milik Rafael.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement