Home Hukum Viral di Medsos Minta Denda Tilang Satu Karung Bawang, Oknum Polantas Diperiksa Propam

Viral di Medsos Minta Denda Tilang Satu Karung Bawang, Oknum Polantas Diperiksa Propam

oleh Bambang

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Oknum Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang diduga menukar sanksi tilang dengan sekarung bawang diperiksa Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya. Kasus oknum Polantas minta satu karung bawang kepada sopir truk ini sempat viral di media sosial (medsos).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menegaskan, oknum Polantas bersakungkutan sudah diamankan Propam. “Setahu saya saat ini sudah diamankan Propam Polda dan dilakukan pemeriksaan,” kata AKBP Argo Wiyono, Selasa (2/11/2021).

Anggota polisi yang melakukan penilangan tersebut berasal dari Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta. “Langsung ke Kasat Lantas Bandara karena anggota beliau,” tutur Argo.

Dalam rekaman video tersebut, salah satu pengemudi truk mengatakan polisi yang melakukan tilang sempat meminta uang sebesar Rp100.000 sebagai ganti surat tilang. Namun polisi itu tiba-tiba menolak uang Rp100 ribu dan meminta satu karung bawang kepada sopir yang ditilang. “Aku kena tilang tapi dimintain bawangnya satu karung bos. Polisi. Tolong rekan-rekan bantu kondisi saya ya. Saya dimintain satu karung,” kata orang dalam video tersebut.

Momen ini berawal sopir truk terkena pelanggaran lalu lintas dan didapati oleh polisi yang bertugas di jalan. Sopir truk itu diberhentikan dan mendapatkan sanksi tilang dari polisi tersebut. Namun terdapat sebuah momen yang justru menarik perhatian.

Ketika sopir truk akan menyerahkan sanksi denda tilang, justru oknum polisi tidak mau dan meminta hal yang tidak terduga, yakni satu karung bawang. Peristiwa itu direkam langsung oleh sang sopir dan tersebar hingga viral di media sosial.****