Connect with us

Hukum

Firli Terima Kembali Endar jadi Dirlidik KPK tapi Masih Dibebastugaskan

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Ketua KPK Firli Bahuri dan Brigjen Pol Endar Priantoro yang membawa surat dari Kapolri

Ketua KPK Firli Bahuri dan Brigjen Pol Endar Priantoro yang membawa surat dari Kapolri

FAKTUAL-INDONESIA: Brigjen Endar Priantoro yang sempat dipecat oleh Ketua  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan kawan-kawan akhirnya kembali diterima sebagai

Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK.

Namun Firli membenarkan, Endar masih dibebastugaskan dari tugas sehari-hari di KPK hingga Oktober 2023 mendatang.

Firli yang bersama kawan-kawan memecat Endar pada 31 Maret 2023 lalu menyatakan, tak ada yang salah dengan kembalinya Endar Priantoro ke jabatan Direktur Penyelidikan KPK dan hal itu sudah sesuai prosedur.

“Pemberhentian dan pengembalian Endar Priantoro ke Polri sudah sesuai dengan prosedur dan mekanisme. Begitu juga saat ini KPK menerima kembali Endar Priantoro juga tidak ada yang salah. Jabatan itu amanah yang harus dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Advertisement

Firli mengungkapkan pihaknya melalui Biro Hukum KPK telah melakukan berbagai pertimbangan sebelum kemudian menerbitkan Surat Keputusan (SK) mengembalikan Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

“Kepala Biro hukum sebelumnya kami telah perintahkan untuk menyusun saran dan pertimbangan hukumnya, sehingga tanggal 27 Juni 2023 Sekjen KPK melakukan perubahan surat keputusan pemberhentian dan pengangkatan Endar sebagai Direktur Penyelidikan,” ujarnya.

Dalam pantauan media, antaranews.com lebih lanjut melaporkan, Purnawirawan Polri berbintang tiga itu juga membenarkan soal Endar yang masih dibebastugaskan hingga Oktober 2023.

“Pimpinan KPK juga memberikan surat perintah untuk EP mengikuti sekolah Lemhanas dan sementara membebaskan yang bersangkutan dari tugas sehari-hari, sama dengan peserta Lemhanas lainnya yang berasal dari KPK,” ujarnya.

Brigjen Pol. Endar Priantoro merupakan Direktur Penyelidikan KPK yang diberhentikan dengan hormat sebagaimana Surat Sekretaris Jenderal KPK tertanggal 31 Maret 2023. Surat Sekjen KPK tersebut ditujukan untuk Polri mengenai penghadapan kembali Endar Priantoro kepada institusi Polri pada tanggal 30 Maret 2023.

Advertisement

Namun, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyurati kembali Ketua KPK Firli Bahuri terkait dengan jawaban atas pengembalian anggota Polri untuk bertugas di lingkungan KPK.

Kapolri dalam surat jawaban yang teregistrasi dengan Nomor: B/2725/IV/KEP./2023 per 3 April 2023 itu mempertahankan atau menugaskan Brigjen Pol Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Dalam surat balasan tersebut, Listyo Sigit menyampaikan kepada pimpinan KPK terhadap penghadapan kembali Brigjen Pol. Endar Priantoro yang melaksanakan penugasan sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

Atas polemik tersebut, Endar kemudian melaporkan pimpinan KPK soal pemberhentian dirinya ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK dan Ombudsman Republik Indonesia. Meski demikian, Dewas kPK menyatakan tidak ada pelanggaran oleh pimpinan KPK terkait pemberhentian Endar Priantoro dari jabatannya. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca