Home Hiburan Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional kepada Usmar Ismail

Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional kepada Usmar Ismail

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Jokowi menghadiri Malam Anugerah Festival Film Indonesia (FFI) 2021 yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021) malam.

Jokowi mengungkapkan bahwa Usmar Ismail telah dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional.

“Tahun ini, pagi tadi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk pejuang kebudayaan, saya atas nama rakyat Indonesia menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, bapak perfilman Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi memberi imbauan bagi para penggiat film Indonesia. Ia berharap, ini jadi permulaan yang baik untuk industri film Indonesia di masa depan.

“Semangat perjuangan pejuang kebudayaan harus kita jaga dengan menciptakan karya berkualitas yang menunjukkan karakter dan jati diri kita sebagai negara dengan kekayaan budaya yang tidak tertandingi,” tuturnya.

Usmar Ismail adalah bapak Perfilman Nasional. Usmar Ismail juga merupakan penggagas FFI. Ia pertama kali menggelar FFI pada 66 tahun yang lalu.

Di tahun ini, FFI digelar dengan tema busana nasional. Semua tamu pria diminta mengenakan tuxedo atau batik dan tamu wanita diminta mengenakan kebaya.***