Connect with us

Hiburan

Marshanda Rahasiakan Penyakit Gangguan Mentalnya ke Anak

Avatar

Diterbitkan

pada

FAKTUAL-INDONESIA: Artis cantik Marshanda sudah lama mengidap sakit bipolar. Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan emosi yang drastis. Seseorang yang menderita bipolar dapat merasakan gejala mania (sangat senang) dan depresif (sangat terpuruk).

Belum lama ini Marshanda pulang setelah menjalani sejumlah terapi di Amerika Serikat untuk memulihkan kesehatan mentalnya itu.

Namun Marshanda mengaku bahwa hingga saat ini ia belum memberitahukan soal sakit bipolarnya tersebut kepada putrinya, Sienna Ameerah Kasyafani. Alasannya, Marshanda khawatir Sienna yang baru berusia delapan tahun tak mengerti dengan kondisi tersebut dan malah membuatnya jadi bingung.

“Aku belum bisa mengkomunikasikan secara detail. Karena dia bingung nanti ya, karena dia masih delapan tahun,” kata Marshanda seperti Faktual Indonesia kutip dari kanal YouTube Maia AL EL DUL TV, Rabu (27/10/2021).

Advertisement

Meski begitu, Marshanda memastikan bahwa ia akan memberitahukan perihal penyakit mentalnya tersebut kepada Siennya. Namun untuk saat ini mantan istri Ben Kasyafani itu merasa butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mengungkapkannya.

Di sisi lain, Marshanda juga memiliki cara agar bisa mengendalikan diri ketika sakit bipolarnya tersebut kambuh saat ada sang buah hatinya.

“Misalnya nih kalau aku kadang-kadang lagi ngerasa lebih baik atau kesal, aku bilang ke dia. Nena, ibu mau quite dulu ya. Kita di mobil, Nena sama ibu, tapi kita nggak ngobrol,” ujar Marshanda.

Menurut Marshanda, upaya tersebut juga bisa sekaligus menjadi pembelajaran untuk Sienna jika seseorang sedang dalam situasi tidak nyaman, orang tersebut lebih memilih untuk diam. Yang mana cara tersebut terbilang lebih ampuh untuk mengontrol emosi.

“Jadi bagaimana aku bisa nggak jadi rude (kasar) ke Sienna, marah-marah. Pelampiasan atau gimana, jadi aku contohkan bagaimana mengontrol diri sendiri, mengontrol emosi,” pungkas Marshanda.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *