Home Ekonomi Operasional Bandara JBS Terkendala Penerapan Aturan PCR

Operasional Bandara JBS Terkendala Penerapan Aturan PCR

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Bandara JBS. Purbalingga. (Istimewa)

 

FAKTUAL-INDONESIA: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menampik kabar yang menyebut operasional bandara Jendral Besar Soedirman (JBS) Purbalingga berhenti.

Menurut Ganjar, kendalanya saat ini adalah terkait penerapan aturan PCR Test bagi penumpang pesawat.

“Jadi tidak benar kalau dibilabg berhenti Tadi saya sudah klarifikasi ke Bupatinya tidak berhenti. Problemnya ada di PCR, terus kemudian pihak maskapai melakukan semacam reschedule lagi. Jadi kabar itu hoax, bandara JBS masih jalanr,” kata Ganjar di kantornya, Senin (25/10/2021).

Di sisi lain, lanjut Ganjar, saat ini penerbangan di Bandara JBS belum dibuka secara reguler mengikuti aturan PPKM Level di masa pandemi.

“Kita juga belum membebaskan aktivitas ekonomi termasuk transportasi, kita kan masih jaga-jaga terus,” tegas Ganjar.

Ganjar menegaskan bahwa yang terjadi saat ini adalah penerapan aturan syarat penerbangan yang mengharuskan penumpang pesawat melakukan PCR Test.

Padahal, pihak perusahaan mengatakan jika penumpang pesawat cukup dengan swab antigen saja. Sebab, di dalam kabin pesawat telah menggunakan hepafilter.

“Problemnya hanya itu saja, bukan berhenti dan memang dari segi jadwal belum dibuka,” jelasnya.

Bahkan, kata Ganjar, saat sedang mengklarifikasi perihal ini justru Bupati Purbalingga menawarkan agar pariwisata bisa dibuka dan otomatis akan menambah jadwal penerbangan.

“Bupati tadi saya kontak sudah siap. Kalau diizinkan pariwisata, akan dibuka penerbangannya masuk. Aku sebagai Gubernur bilang jangan dulu, harus hati-hati,” tandasnya.

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa maskapai Citilink sudah tidak melayani penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga. Kabar tersebut juga telah dibantah pihak Citilink dan Bandara JBS Purbalingga. Sampai saat ini, maskapai dan bandara tersebut masih tetap beroperasi.***

Tinggalkan Komentar