Connect with us

Ekonomi

Jaga Stabilitas Harga Ayam Ras Hidup, Mendag Zulhas Siapkan Strategi Ini

Avatar

Diterbitkan

pada

Jaga Stabilitas Harga Ayam Ras Hidup

Jaga Stabilitas Harga Ayam Ras Hidup, Mendag Zulhas Siapkan Strategi Ini. (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku bakal jaga stabilitas harga ayam ras hidup (livebird) yang saat ini sedang mengalami penurunan di tingkat peternak.

Harga ayam ras hidup di tingkat peternak anjlok di Rp15.000-Rp16.000 per kilogram (kg). Harga ini di bawah harga pokok produksi (HPP) yang membuat peternak merugi.

“Kementerian Perdagangan tengah berkoordinasi dan bekerja sama dengan Bapanas untuk menciptakan ekosistem perunggasan broiler yang kondusif, khususnya bagi peternak skala mikro dan kecil,” kata Mendag Zulhas dikutip dalam keterangannya, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Harga BBM Naik, Mendag Minta Subsidi Transportasi agar Bahan Pokok Stabil

“Dalam jangka panjang, diharapkan ekosistem perunggasan yang terbentuk akan berdampak positif bagi seluruh pelaku usaha di setiap sektor dalam industri perunggasan serta masyarakat umum selaku konsumen,” sambungnya.

Mendag mengungkapkan, sejumlah upaya telah dilakukan Kementerian Perdagangan untuk jaga stabilitas harga ayam ras hidup yang wajar di tingkat peternak.

Advertisement

Salah satunya dengan mendorong BUMN pangan untuk mendapatkan alokasi importasi indukan ayam ras (grand parent stock/GPS) yang proposional sehingga menjadi instrumen stabilisasi harga bibit ayam ras (day old chick/DOC) yang menjadi salah satu komponen input produksi yang memberikan andil besar terhadap HPP Peternak.

“Diharapkan adanya alokasi yang proposional tersebut peternak dapat lebih mudah memperoleh akses untuk DOC dengan harga terjangkau,” ujar Mendag Zulhas.

Baca juga: Peternak Unggas di Karang Anyar Bagikan Ayam dan Telur Gratis, Bentuk Protes dan Kampanye Gizi

Selain itu, lanjut dia, Kementerian Perdagangan juga meminta perusahaan perunggasan terintegrasi untuk mendukung pemerintah dalam menjaga stabilitas baik harga livebird maupun input produksi, seperti bibit ayam ras dan pakan.

Zulhas berharap, sinergi dan komitmen dari semua pemangku kepentingan terkait dapat menjaga stabilitas harga livebird di tingkat peternak dengan harga wajar.

“Stabilitas harga livebird yang terjaga akan berdampak tercapainya ekosistem industri ayam ras yang kondusif, baik bagi peternak, perusahaan terintegrasi, maupun bagi masyarakat selaku konsumen,” pungkasnya.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca