Connect with us

Ekonomi

Menhub: Kenaikan Tarif Ojol Diumukan 7 September 2022

Avatar

Diterbitkan

pada

Kenaikan Tarif Ojol

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebut kenaikan tarif ojol akan diumukan besok (7/9/2022). (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengumumkan kenaikan tarif ojol (ojek online) pada Rabu (7/9/2022) besok. Saat ini pihaknya tengah menghitung dampak kenaikan harga BBM terhadap tarif angkutan darat terutama antar kota antar provinsi, tertama ojol.

“Untuk penyesuaian tarif ojek online (ojol) akan kami umumkan dalam dua hari ke depan (7/9), dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” ujar Menhub Budi dalam keterangan resmi, Senin (5/9/2022).

Agar penerapannya dapat berjalan dengan baik, Menhub telah meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk mengintensifkan komunikasi dengan dengan mitra pengemudi ojol dan pihak aplikator.

Baca juga: Kenaikan Tarif Ojol Ditunda Lagi, Masih Petimbangkan Situasi dan Kondisi

Selain itu, penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi darat juga akan disesuaikan dalam waktu dekat. Saat ini Kemenhub masih mengkaji tarif penumpang ekonomi angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

Budi mengungkapkan kenaikan harga BBM subsidi tidak berdampak terlalu signifikan pada transportasi laut, udara, dan kereta api kelas ekonomi, namun begitu kajiannya tetap akan dilakukan dan diumumkan dalam waktu dekat.

Advertisement

“Untuk transportasi udara, saat ini kami melihat tren penurunan harga tiket pesawat di waktu-waktu tertentu. Ini menjadi hal yang menggembirakan sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkapnya, yang dikutip Selasa (6/9/2022).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah dua kali menunda kenaikan tarif ojek online. Alasan penundaan tersebut yakni perlu adanya sosialisasi lebih kepada pihak terkait dan mempertimbangkan berbagai situasi di masyarakat.

Baca juga: Ribuan Ojol Demo di DPR, Ini 4 Tuntutan yang Diajukan

Nantinya, besaran kenaikan tarif ojol akan dibagi tiga zona, yaitu Zona I yang meliputi Sumatera dan sekitarnya; Jawa dan sekitarnya selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Zona II meliputi wilayah Jabodetabek, sedangkan Zona III yang meliputi wilayah Kalimantan dan sekitarnya;Sulawesi dan sekitarnya.

Rencana penyesuaian kenaikan tarif ojol ini merupakan implementasi Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement