Connect with us

Ekonomi

Sony Terpaksa PHK 900 Karyawan PlayStation karena Target Tak Tercapai

Avatar

Diterbitkan

pada

Sony melakukan PHK besar-besaran dengan merumahkan 900 karyawannya. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Produsen elektronik dan teknologi terkemuka asal Jepang, Sony melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 900 karyawan yang ada di divisi PlayStation. Jumlah ini sekitar 8% dari total jumlah karyawan Sony di seluruh dunia.

Mengutip CNBC, Selasa (27/2/2024), keputusan itu membuat Sony jadi bagian dari perusahaan-perusahaan teknologi yang telah melakukan PHK. Sebelumnya Zoom, Cisco, Google, Microsoft, Meta, hingga eBAy telah memangkas jumlah karyawan besar-besaran.

“Setelah pertimbangan yang sangat hati-hati dan diskusi dengan beberapa pimpinan yang sudah berjalan cukup lama, sangat jelas diperlukan sebuah langkah yang bisa melanjutkan bisnis dan perkembangan perusahaan terus berlanjut,” tulis surat resmi Presiden dan CEO Sony Jim Ryan kepada karyawannya.

Dia mengatakan saat ini jumlah 900 orang yang akan terkena PHK tidak hanya dilakukan di satu wilayah saja tapi seluruh tempat di mana kantor PlayStation berada.

Salah satu tempat yang paling terdampak adalah PlayStation Inggris yang dipastikan akan langsung ditutup secara keseluruhan.

Advertisement

CNBC menganalisa PHK dilakukan karena performa bisnis Sony tidak kunjung membaik.PlaySation 5 yang harusnya bisa mendongkrak performa perusahaan justru tidak sesuai harapan.

Sony hanya bisa menjual 21 juta unit PlayStation 5 pada tahun fiskal 2023 yang berakhir pada Maret 2024. Padahal target awal adalah  25 juta unit konsol sampai ke konsumen.

Analis telah mengantisipasi bahwa Sony akan merilis versi baru dari PlayStation 5 tahun ini, untuk meningkatkan minat terhadap konsol tersebut.***

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement