Connect with us

Ekonomi

Ruang Guru PHK Ratusan Karyawan, Tapi Tak Sampai 50%

Avatar

Diterbitkan

pada

Ruang Guru terpaksa memangkas karyawannya. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Ruang Guru dikabarkan telah melakukan phk besar-besaran, jumlahnya mencapai 50%. Namun kabar tersebut dibantah langsung oleh Ruang Guru.

Mereka menyatakan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya. Namun jumlahnya tidak mencapai 50% dari seluruh karyawan mereka seperti yang diberitakan media.

Isu soal Ruangguru melakukan PHK hingga sebanyak 50% karyawan muncul di media sosial. Ruangguru menyatakan bila dipresentasikan jumlah karyawan yang di-PHK tak sampai 50%.

“Kami ingin klarifikasi bahwa statement 50% karyawan terdampak PHK tidak benar. Jumlahnya jauh lebih kecil dari itu. Terdapat ratusan pegawai yang terdampak,” kata Corporate Communications Team Ruangguru dalam keterangannya, Jumat (18/11/2022).

Ruangguru juga menegaskan pemberitahuan PHK kepada karyawan tidak dilakukan melalui email, melainkan dilakukan secara pertemuan empat mata dengan manajer tim terkait.

Advertisement

“Selain itu juga, pemberitahuan tidak dilakukan via email, tapi disampaikan langsung saat one on one meeting dengan manager terkait,” tulis penjelasan Ruangguru.

Di sisi lain, soal nasib pesangon karyawan juga dijamin telah diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku, mulai dari pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak khususnya uang ganti cuti.

“Sesuai UU yang dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami memperpanjang asuransi bagi yang terdampak,” tulis penjelasan Ruangguru.

Ruangguru juga berkomitmen untuk membantu eks karyawannya mendapatkan pekerjaan baru segera setelah terkena PHK.

Perusahaan berjanji akan mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus dan memberikan dukungan konsultasi karier, psikologis, dan akses kelas pengembangan karier jika dibutuhkan.***

Advertisement

 

 

Lanjutkan Membaca