Connect with us

Ekonomi

Indonesia Memperkenalkan Vending Machine Halal, Pertama di Dunia

Avatar

Diterbitkan

pada

Machine vending machine halal baru tersedia di Jepang. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Kini sudah tersedia Vending Machine halal yang tersedia di Jepang. Kini warga Indonesia yang ingin mencari produk halal, sudah bisa dibeli melalui vending machine. Yaitu mesin penjual otomatis yang khusus menjual produk makanan dan minuman (mamin) halal produksi Indonesia.

Indonesia Halal Vending Machine menjadi mesin penjual otomatis pertama di Jepang, bahkan di dunia, yang mempromosikan produk-produk eksklusif dari satu negara.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi mengatakan, upaya memperkenalkan makanan dan minuman halal Indonesia melalui vending machine menjadi terobosan dalam promosi produk-produk halal buatan Tanah Air.

“Vending machine untuk memasarkan produk makanan ringan dan minuman halal Indonesia di Jepang merupakan langkah inovatif, kolaboratif, dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut,” kata Didi dalam keterangan tertulis, Rabu (14/6/2023).

Memperkenalkan produk mamin halal Indonesia dengan vending machine juga sejalan dengan usaha Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia pada 2024.

Advertisement

Ekspor produk halal pun perlu terus didorong untuk semakin memantapkan perekonomian dalam negeri dalam mempersiapkan momen tersebut. Untuk itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk memopulerkan dan meningkatkan ekspor produk halal Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia pusat halal dunia pada 2024. Sehingga, perlu diambil langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia dalam upaya meningkatkan ketahanan perekonomian nasional. Saat ini, langkah tersebut difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi, dan kosmetik,” kata Didi.

Deputy Chief of Mission KBRI Tokyo John Tjahjanto Boestami mengklaim Indonesia Halal Vending Machine menjadi mesin penjual otomatis pertama yang secara eksklusif mempromosikan produk dari satu negara. Hal ini dapat terwujud di Jepang karena budaya vending machine yang kental di Negeri Sakura. Produk-produk yang sangat beragam dapat ditemui di berbagai vending machine di Jepang.

“Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan mesin penjual otomatis pertama di Jepang, bahkan di dunia, yang dibuat berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara.

Jepang dapat dikatakan merupakan ‘negara vending machine’. Setiap produk dapat dijual atau dipasarkan dengan vending machine, mulai makanan-minuman ringan, kartu sim telepon seluler, hingga alat tes polymerase chain reaction (PCR). Sehingga, pemasaran produk Indonesia melalui vending machine merupakan cara ampuh untuk menjangkau konsumen yang lebih luas,” kata John.

Advertisement

Peresmian Indonesia Halal Vending Machine turut dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, perwakilan Bank BNI Tokyo, Pertamina Tokyo, Garuda Indonesia Tokyo, ASEAN Japan Centre, para pelaku usaha Indonesia dan Jepang, importir, serta diaspora Indonesia di Jepang.

Promosi Nation Branding dan Peringatan 65 Tahun Hubungan Diplomatik Peresmian Indonesia Halal Vending Machine di Tokyo juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement