Connect with us

Ekonomi

Agar Rekening Anda Aman dari Pembobolan, Ini Caranya!

Avatar

Diterbitkan

pada

Ilustrasi atm bank mandiri yang banyak dijumpai di pusat perbelanjaan. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Kasus pembobolan bank masih saja terjadi. Bahkan pengambilan tunai pun juga masih bisa kebobolan.

Agar kita terhindar dari hal-hal buruk, sebaiknya kita harus waspada dan lebih berhati-hati.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam laman instagram resmi yang dipantau di Jakarta, Sabtu, membagikan tips agar rekening tetap aman dan terhindar dari pembobolan. Berikut tipsnya:

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Dengan mengaktifkan fitur notifikasi ini, maka jika ada transaksi di rekening anda–baik dana masuk atau keluar–, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar pada rekening tersebut.

Advertisement

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan WiFi publik atau Free WiFi

Advertisement

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi publik atau free WiFi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi anda

Jangan pernah memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kandung ke siapa pun, termasuk pihak bank, serta ubah password secara berkala.

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain di mesin ATM dan jangan percaya dengan nomor telepon bank di mesin ATM yang kemungkinan tidak resmi untuk menghindari terjadinya skimming. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank.

Advertisement

Selain itu, mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui kata sandi atau melakukan kloning kartu anda.***

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement