Connect with us

Ekonomi

PLN Ganti Ratusan Keping Isolator Agar Pasokan Tetap Andal

Avatar

Diterbitkan

pada

 

Foto: Istimewa

FAKTUALid – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Probolinggo dan Unit Layanan Transmisi & GI (ULTG) Probolinggo melakukan penggantian ratusan isolator di Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Probolinggo – Lumajang atau di Desa Tegal Siwalan. Kegiatan itu dilakukan dilakukan untuk memastikan agar pasokan listrik tetap andal.

Menurut General Manager UIT JBM Suroso, pihaknya melakukan penggantian 324 keping isolator yang telah mengalami korosi dan berpotensi memicu gangguan. “Isolator yang sudah korosi dan biasanya ada retak tipis, langsung kami ganti. Pekerjaan tersebut ada yang dilakukan secara padam, ada juga tanpa padam yang dilakukan oleh Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan),” ujarnya, Senin (14/6/2021).

Kegiatan yang sudah berlangsung selama dua hari itu bertujuan untuk memastikan jaringan transmisi terhindar dari gangguan akibat korosi yang terjadi pada isolator. “Beberapa hari lalu kami baru saja menyelesaikan pekerjaan yaitu penggantian isolator pada jaringan SUTT,” ujarnya.

Dia menjelaskan, korosi pada isolator merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan dalam menyalurkan energi listrik, yang bisa mengurangi kenyamanan layanan kelistrikan kepada pelanggan. Dalam melakukan kegiatan di lapangan seluruh tim dipastikan harus selalu menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dikarenakan pekerjaan tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi.

Advertisement

Pihaknya memastikan, seluruh petugas lapangan itu tetap mengutamakan K3 dalam melakukan pekerjaan dan meminimalisir potensi-potensi bahaya. “Pengawasan pekerjaan penting dilakukan agar dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai dengan SOP yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, PLN selalu berkomitmen 24 jam memastikan aliran listrik terjaga kehandalannya agar layanan terbaik dapat dirasakan para pelanggannya. Oleh karena itu, segala upaya dilakukan untuk memastikan agar jaringan listrik tetap aman dari segala gangguan yang berpotensi menggganggu kualitas layanan PLN.(Akbar Surya)***

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *