Connect with us

Ekonomi

Telkomsel Sukses Jaga Keandalan Jaringan Telekomunikasi Saat MotoGP Mandalika 2022

Avatar

Diterbitkan

pada

Telkomsel menghadirkan humanoid robot di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Telkomsel)

FAKTUAL-INDONESIA: Penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022 telah berakhir dengan sukses.

Salah satu sukses itu adalah dalam dukungan sistem telekomunikasi. PT Telkomsel sukses menjaga keandalan jaringan telekomunikasi saat penyelenggaraan event balap motor tingkat dunia itu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho, di Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (20/3/2022), mengatakan jumlah penonton MotoGP diperkirakan mencapai 60 ribu orang yang memadati area sirkuit, sehingga berpotensi mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

“Untuk itu, Telkomsel hadir melalui dukungan fasilitas jaringan berteknologi terdepan 4G/LTE yang merata dan setara, untuk memastikan tim official, jurnalis nasional maupun internasional, dan pengunjung dapat tetap nyaman dan lancar berkomunikasi, dan dapat membagikan momen seru ini melalui berbagai platform media sosial,” katanya.

Selain itu, pihaknya turut menggelar jaringan hyper 5G yang dilengkapi showcase Telkomsel 5G Experience yang berada di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Hal itu bertujuan untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung dengan menampilkan berbagai use case pemanfaatan teknologi berbasis jaringan 5G.

Advertisement

“Kami berharap upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric dapat semakin mendorong kebangkitan pariwisata di NTB,” ujarnya.

Nugroho menambahkan dalam mendukung hadirnya konektivitas digital yang andal dan merata selama pergelaran MotoGP 2022 di Mandalika, Telkomsel telah menambah 132 BTS 4G/LTE untuk melengkapi total 382 BTS 4G/LTE yang beroperasi melayani kebutuhan akses komunikasi khususnya broadband bagi masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika.

Khusus di kawasan Pertamina Mandalika International Street Circuit sendiri, Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 11 Compact Mobile BTS (COMBAT) 4G/LTE.

Selain itu, Telkomsel turut melakukan penambahan dan penguatan kapasitas seluruh BTS 4G/LTE yang difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, seperti area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center.

“Kami juga menjaga kualitas jaringan telekomunikasi di titik-titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, tempat destinasi wisata, hingga area Pertamina Mandalika International Street Circuit,” katanya dilansir antaranews.com.***

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement