Home Ekonomi Raih Penghargaan GCSA dan ASSRAT 2021, Komitmen ESG Pertamina Diakui Internasional

Raih Penghargaan GCSA dan ASSRAT 2021, Komitmen ESG Pertamina Diakui Internasional

oleh Dwipraya

Direktur utama PDC Teddyanus Rozarius (tengah), GM Zona 5 PHE ONWJ Achmad Agus M., VP IR Juferson M Mangempis. (Foto: Humas Pertamina)

FAKTUAL-INDONESIA: PT Pertamina (Persero) terus mengukuhkan komitmennya menjalankan bisnis berdasarkan prinsip berkelanjutan dengan menerapkan aspek Environmental, Social, Governance (ESG). Langkah tersebut disampaikan secara transparan dan akuntabel melalui sistem pelaporan berkelanjutan (sustainability report).

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan Pertamina berkomitmen bukan hanya ingin menjadi perusahaan energi nasional berkelas dunia, tetapi juga memiliki  aspirasi untuk dikenal dan memiliki reputasi baik sebagai perusahaan yang ramah terhadap lingkungan, bertanggung jawab sosial dan mengedepankan good governance.  

“Pertamina sudah merumuskan dan memiliki ESG strategy, roadmap hingga policy yang terus diperbarui untuk mewujudkan bisnis keberlanjutan,” ujar Fajriyah dilansir laman resmi Pertamina, Rabu (17/11/2021).

Komitmen tersebut mendapat pengakuan dua lembaga internasional, yakni  Alliance for Sustainable Development Goals (ASDGs) dan National Center for Sustainability Reporting. 

Fajriyah menuturkan, Pertamina meraih penghargaan Internasional, Global Corporate Sustainable Award (GCSA) yang diselenggarakan oleh ASDGs bekerja sama dengan Taiwan institute Sustainable Energy (TAISE).

Tahun ini merupakan pertama kalinya Pertamina berpartisipasi dalam GCSA dan berhasil meraih Bronze Award kategori Sustainability Reporting.

Penghargaan GCSA menilai kinerja ESG Pertamina dari Laporan Keberlanjutan Pertamina tahun buku 2020 dengan pengungkapan informasi melalui website “Keberlanjutan”. Penghargaan diserahkan oleh Vice President of the Republic of China (Taiwan) Dr. Lai Ching-te,

“Kami berharap, apresiasi ini menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kinerja keberlanjutan Pertamina grup di masa mendatang, serta memacu perusahaan-perusahaan lain di Indonesia untuk dapat bersaing di kancah global,” ujar Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Budi Santoso yang mewakili Pertamina. 

Selain Pertamina, Subholding Upstream PT Pertamina Hulu Energi juga meraih penghargaan ‘Great Practice Award’ dalam kategori Best Practice pada GCSA 2021. Subholding Upstream Pertamina unggul dengan Program CSR dalam aspek Community Involvement & Development (CID), yaitu Program Gampong Berdaya Tampur Paloh (The Empower Gampong Paloh Program) yang dijalankan Regional Sumatera melalui PT Pertamina EP Field Rantau.

Selain Pertamina grup, penghargaan kategori Sustainability Report juga diraih oleh beberapa perusahaan lain dari Indonesia, Kanada, Perancis, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Amerika Serikat.

GCSA memiliki kredibilitas yang tinggi dengan menghadirkan juri-juri profesional seperti Rajesh Chhabara – Managing Director CSRWorks International, Alan McGill – Global Sustainability Assurance Leader PWC UK – Edoardo Gai – Head of ESG Benchmarking S&P Global, Keiichi Ushijima – EY Climate Change and Sustainability Services, Dr Juniati Gunawan – Director Trisakti Sustainability Center, Prof Dr Ali Ghufron Mukti – Presdir BPJS Kesehatan, dan profesional lainnya yang bergerak di bidang ESG. 

Pada kesempatan yang lain, di Jakarta, Pertamina juga berhasil meraih Gold Rank ke-empat kalinya sejak diselenggarakannya Ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 yang dilaksanakan oleh National Center for Sustainability Reporting.

Penghargaan diterima oleh VP Investor Relations, Juferson Victor Mangempis, diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta (17/11/2021). Sebelumnya ASRRAT disebut Sustainability Reporting Awards (SRA) dan telah dihelat sejak tahun 2005. Selain Pertamina, Pertamina Hulu Energi ONWJ juga mendapatkan Gold Rank dan Pertamina Drilling Contractor mendapatkan Silver Rank pada ASRRAT 2021.

“Apresiasi ini tentunya membawa energi baru bagi kami untuk terus meningkatkan implementasi ESG. Penghargaan ini semakin meningkatkan reputasi kami sebagai perusahaan energi  nasional yang berkelas dunia,” tutur Fajriyah. ***