Home Ekonomi Pemkab Bangka Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik

Pemkab Bangka Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik

oleh Dwipraya

Bupati Bangka Mulkan saat menerima penghargraan dari Menteri PPN/Bappenas Dr. (H.C.) H. Suharso Monoarfa (antaranews.com)

FAKTUAL-INDONESIA: Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih penghargaan dengan predikat perencanaan pembangunan terbaik pertama di Indonesia tahun 2021 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas.

Pemerintah Kabupaten Bangka juga menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang menerima trofi dan piagam penghargaan perencanaan terbaik secara berturut-turut tingkat nasional. Penyerahan trofi dan piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional di ruang DH 1-5 Bappenas.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diraih Kabupaten Bangka kategori perencanaan dan pencapaian terbaik selama dua tahun berturut-turut yaitu tahun 2020 dan tahun 2021. Pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Bangka meraih penghargaan perencanaan terbaik ketiga tingkat nasional dan pada tahun 2021 meraih penghargaan terbaik pertama tingkat nasional. Penghargaan tersebut diberikan kepada provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia setiap tahunnya oleh Bappenas.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan, penghargaan yang diraihnya merupakan capaian keberhasilan yang luar biasa di bidang perencanaan pembangunan terbaik secara berturut-turut.

“Penetapan sebagai kabupaten terbaik ketiga dan pertama se Indonesia di bidang perencanaan pembangunan daerah  tahun 2020 dan 2021 memberikan keyakinan bagi kami selaku bupati dan aparatur pemerintah serta para pemangku kepentingan bahwa arah kebijakan dan pelaksanaan pembangunan telah berada pada jalur yang tepat on the track serta terjadinya keserasian dan keselarasan pembangunan antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan pemerintah pusat,” jelasnya melalui siaran pers, Kamis (25/11/2021).

Di tengah kondisi pandemi Covid 19 tahun 2020 dan 2021, Pemerintah Kabupaten Bangka mampu menyelesaikan problematika mendasar pembangunan.  Selama tahun 2019 dan 2020, indikator makro pembangunan peningkatan sangat membanggakan. Pertumbuhan ekonomi tahun tahun 2020 hanya mengalami kontraksi sebesar -0,73. Angka ini lebih baik dibandingkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan nasional yang mengalami kontraksi masing-masing sebesar -2,30 dan -2,07. 

Penurunan angka kemiskinan dari dari 4,92 persen tahun 2019 dan menurun tahun 2020 menjadi 4,5 persen. Perbaikan gini ratio dari 0,269 tahun 2019 menurun pada tahun 2020 menjadi 0,262. Peningkatan indeks pembangunan manusia dari 72,39 tahun 2019 meningkat menjadi 72,40 tahun 2020. Penurunan angka stunting dari 8,90 tahun 2019 dan tahun 2020 menurun menjadi 1,96 persen. Peningkatan indeks kepuasan masyarakat pada tahun 2019 sebesar 74,07 menjadi 78,07 tahun 2020. 

Menyelesaikan berbagai persoalan mendasar

Dikatakan penghargaan ini menunjukkan kualitas perencanaan pembangunan telah berdampak secara impelementatif menyelesaikan berbagai persoalan mendasar pembangunan terutama masalah pemerataan pendapatan, penanggulangan kemiskinan, menekan angka pengangguran, pemerataan pembangunan infrastruktur, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

“Pencapaian pembangunan Kabupaten Bangka sampai pada tahun 2021 memperlihatkan kemajuan yang sangat menggembirakan. Beberapa indikator pembangunan makro ekonomi dan kesejahteraan sosial telah berhasil melampaui target di atas level daerah setara, provinsi, dan nasional,” jelasnya.

Berbagai terobosan inovasi daerah dalam pelayanan dan pelaksanaan di berbagai sektor pembangunan juga dilakukan guna mendobrak kebuntuan dan perlambatan capaian kinerja pembangunan melalui praktik program dan kegiatan terbaik “best practice” yang mampu menghasilkan capaian kinerja yang tinggi.

Kedepan, kata bupati, pihaknya masih menghadapi tantangan yang sangat serius di tengah kondisi pandemi yang masih penuh dengan ketidakpastian yang berpengaruh dengan kondisi keuangan nasional dan global. Tentunya, ini harus direspons dengan melakukan langkah-langkah perbaikan perencanaan pembangunan yang matang dan terukur. 

Dalam masa periode pembangunan selama lima tahun yang tersisa dua tahun kedepan yaitu 2022 dan 2023, di tengah tantangan yang begitu tinggi Kabupaten Bangka terus melakukan kinerja secara efektif dan efisien dalam menggapai cita-cita besar untuk terus berpacu dan berkinerja terbaik sehingga setara dengan daerah-daerah terbaik di Indonesia bahkan melampaui daerah lain.

“Kami berharap prestasi yang diraih Kabupaten Bangka tidak membuat kita berpuas diri, masih banyak cita-cita besar yang harus kita genggam dan raih. Keberhasilan hari ini merupakan pemicu agar kita tidak cepat puas dengan yang telah kita gapai, agenda besar mewujudkan kesejahteraan masyarakat harus terus ditingkatkan,” ujarnya. ***