Home Ekonomi Vtube 3.0 Siap Bantu Dongkrak Usaha Para Pelaku UMKM

Vtube 3.0 Siap Bantu Dongkrak Usaha Para Pelaku UMKM

oleh Akbar Surya

Pelaku UMKM diajak berpromosi lewat Vtube. (Foto: istimewa)

FAKTUALid – PT Future View Tech (FVT) mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memperluas jangkauan pasar. Mulai 8 Juli 2021, masyarakat bisa mengakses kembali aplikasi Vtube untuk mendapatkan beragam benefit melalui Vtube 3.0.

Menurut Direktur PT Future View Tech (FVT), Prabowo, pihaknya sangat bersyukur sudah merilis Vtube 3.0 yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna atau Vtubers. “Kehadiran Vtube generasi terbaru ini kami harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, dan mampu memberi kontribusi dalam membantu pemulihan perekonomian di masa pandemi,” ujarnya, jum’at (16/7/2021).

PT FVT selaku perusahaan yang menaungi Vtube, kata dia, melihat selama pandemi para pelaku UMKM mendapatkan banyak tantangan yang berdampak besar terhadap usaha mereka. Menyikapi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat itu, Vtube 3.0 dengan terobosan terbarunya ini akan memberikan perhatian pada persoalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Survei Bank Indonesia menyebutkan, sebanyak 87,5 persen UMKM terdampak pandemi Covid-19. Dari jumlah ini, sekitar 93,2 persen di antaranya terdampak negatif di sisi penjualan. Vtube, kata dia, berkomitmen memberikan added value dengan menghadirkan dukungan bagi UMKM di Indonesia melalui ruang untuk beriklan. Pihaknya optimis, Vtube 3.0 bakal ikut membantu menggairahkan kembali pasar UMKM di Tanah Air.

Selama ini, para pelaku UMKM terutama yang di daerah mengalami kesulitan untuk melakukan promosi produk atau jasanya. “Keberadaan Vtube nantinya bisa memberikan kesempatan mereka untuk beriklan dengan harga yang lebih murah dibanding tarif iklan platform lain, tanpa mengurangi performa iklannya,” ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM asal Malang, Abdullah Fatoni, menceritakan kisahnya saat mempromosikan minuman herbal berupa wedang uwuh di Vtube 3.0. “Saya pasang iklan melalui VTube 3.0 pada 11 Juli 2021. Setelah sehari pasang iklan, respons cukup banyak dan signifikan,” ujarnya.

Dia menyebut, banyak chat yang langsung masuk untuk bertanya-tanya, ada juga yang konfirmasi betul tidaknya, dan sebagainya. Bahkan dalam waktu singkat orderannya telah bertambah. “Saya yakin potensinya masih sangat besar karena beberapa ada yang mau beli cuma keberatan di ongkos kirim,” ujarnya.

Meski demikian, dia mengakui Vtube sudah memudahkanya untuk menjangkau pasar yang lebih luas hingag jauh ke luar kota tempat tinggalnya. Beruntung, selain menyediakan ruang beriklan, Vtube juga akan memberikan pembinaan digital dan pajak untuk UMKM.
Melalui program ini, PT FVT akan membina teman-teman pelaku UMKM untuk mengelola bisnisnya lewat serangkaian pelatihan seperti edukasi cara beriklan, workshop mengenai perpajakan, dan lain-lain. Untuk kelancaran program, pihak PT FVT rencananya akan bekerja sama dengan kementerian terkait yang salah satunya adalah Kementerian Koperasi dan UKM.

Sementara, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya, merespon positif niat baik Vtube untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia terutama dari sisi marketing dan bisnisnya. Semoga PT FVT bisa terus menjalin kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM ke depan sehingga mampu memberikan manfaat nyata bagi pelaku UMKM di Indonesia,” ujarnya.***

Tinggalkan Komentar