Connect with us

Ekonomi

Indonesia Memasuki Low Season, Menparekraf Sandiaga Uno Roadshow Investasi di Hongkong

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan tercatat ada sekitar 754 ribu wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia selama Januari 2023.

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan tercatat ada sekitar 754 ribu wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia selama Januari 2023.

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan untuk saat ini Indonesia sedang memasuki masa low season, sehingga diperkirakan akan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman.

Untuk menghadapi penurunan tersebut, Sandiaga Uno melakukan beberapa langkah termasuk roadshow investasi di Hongkong.

Selain itu Sandiaga Uno menyebutkan Kemenparekraf telah melakukan sejumlah kerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan untuk menawarkan promo-promo yang menarik.

“Kami juga melakukan program aktivasi melalui famtrip. Lalu ada juga program aktivasi melalui keikutsertaan pameran internasional terbesar seperti SATTE 2023 di India dan ITB Berlin di Jerman yang rencananya akan saya hadiri dan roadshow investasi di Hongkong sehingga diharapkan akan ada lebih banyak mendatangkan wisatawan mancanegara di masa low season ini,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (6/3/2023)

Acara ini juga dihadiri oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf secara daring maupun luring.

Advertisement

Menparekraf  Sandiaga Uno mengungkapkan tercatat ada sekitar 754 ribu wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia selama Januari 2023.

Dia mengatakan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) ada peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Jika dibandingkan dengan Januari 2022 (angka kunjungan wisman) mengalami peningkatan hingga 503,34 persen,” kata Sandiaga.

Adapun kunjungan wisman ini, kata Sandiaga didominasi oleh lima negara yaitu Malaysia, Australia, Singapura, Timor Leste, dan India. “Kami akan terus mendorong dengan beberapa kegiatan agar peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ini terus naik dengan beberapa kegiatan,” katanya.

Pemacu Ekonomi Kreatif

Advertisement

Sementara itu Sandiaga Uno mengatakan “Indonesia Creative Economy Festival (ICREFS) 2023” menjadi pemicu sekaligus pemacu semangat dalam mendorong ekonomi kreatif sebagai penggerak ekonomi masa depan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

“Ini didukung dengan bonus demografi yang kita harapkan akan menjadi lokomotif 70 persen dari masa depan kita. Dan ini ada di anak-anak muda yang menggeluti ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga, dalam Closing ICREFS 2023, di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (5/3/2023) malam.

ICREFS 2023 sebagai festival ekonomi kreatif bertaraf nasional pertama di Indonesia yang telah selesai digelar oleh Gekrafs (Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional) pada 3 hingga 5 Maret 2023 di Jakarta, memperlihatkan komitmen yang kuat dari para pelaku industri ekraf utamanya generasi muda dalam upaya pembangunan ekonomi melalui ekonomi kreatif.

Industri kreatif telah menjadi elemen penting yang berkontribusi dalam membangun perekonomian Indonesia. Tercatat bahwa ekonomi kreatif Indonesia menduduki peringkat tiga dunia dengan nilai tambah sebesar Rp1.300 triliun, setelah Amerika dengan industri perfilman Hollywood dan Korea Selatan dengan industri musik K-Pop.

“Jadi kalau kalian semua menciptakan karya-karya lebih dari 17 subsektor ini bukan mustahil dalam lima tahun kita akan menyusul Korea Selatan menjadi nomor dua dan di 2045 kita akan menjadi nomor satu sebagai ekonomi kreatif terbesar dunia,” kata Menparekraf.

Advertisement

Ekonomi kreatif memiliki konsep pemberdayaan masyarakat. Jadi semakin banyak yang terlibat, maka akan semakin besar dampak terhadap penciptaan lapangan kerja baru dan berkualitas. Apalagi ekonomi kreatif ini berasal dari sumber daya kreativitas yang tidak memiliki batasan. Tiap masyarakat bisa menghasilkan ide-ide, atau gagasan yang out of the box.

“Oleh karena itu, saya sangat yakin dengan kemampuan kita berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi terus menjalin networking, dan kita semangat dengan kerja 4as, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, kita akan mampu mewujudkan Indonesia Emas. Karena ekonomi kreatif masa depan Indonesia. Mari tatap ke depan dengan penuh asa,” kata Sandiaga.

Ketua Umum DPP Gekrafs, Kawendra Lukistian, menambahkan kunci keberhasilan ekonomi kreatif ada dua, yakni kolaborasi dan optimisme atau keyakinan.

“Kita harus yakin bahwa ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia. Bukan hanya yakin saja tapi juga harus optimistis terus. Karena optimistis adalah sikap setengah sempurnanya perjuangan. Jadi saya yakin keberhasilan itu dari optimisme dan dari kolaborasi,” kata Kawendra.

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Diah M. Paham; Deputi Bidang Ekonomi Digital Dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Himam; dan Direktur Pengembangan SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf, Alexander Ryan. ***

Advertisement

Lanjutkan Membaca