Connect with us

Ekonomi

Dorong Investor Berinvestasi di Penghujung Krisis, Sandiaga Uno Luncurkan Rantai Pasok UMKM dan Hotel

Gungdewan

Diterbitkan

pada

Menparekraf Sandiaga Uno mendorong investor-investor agar berinvestasi dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Menparekraf Sandiaga Uno mendorong investor-investor agar berinvestasi dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

FAKTUAL-INDONESIA: Dari Magelang, Jawa Tengah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para investor berinvestasi di masa-masa penghujung krisis.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, masa-masa penghujung krisis merupakan waktu yang tepat bagi para investor untuk berinvestasi. Di mana, peluang-peluang usaha dan perekonomian mulai kembali terbuka.

“Jadi saya minta momentum ini dijaga, dan juga pertemuan ini akan kita lakukan secara berkala. Bisa dievaluasi dalam kurun waktu enam bulan sekali dengan tujuan kita bisa memastikan investasi-investasi ini bisa segera masuk,” kata Sandiaga Uno dalam acara “Forum Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” di Mesastila Resort and Spa, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).

Dalam kesempatan ini, Sandiaga juga meluncurkan digitalisasi rantai pasok UMKM dan hotel di lima destinasi super prioritas yang merupakan hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan sejumlah stakeholder terkait seperti PT Telkom, PT Pertamina, dan Teman Parekraf Nasional (TePaNas). Dengan harapan hal ini bisa mengakselerasi digitalisasi pelaku UMKM dan perhotelan di kelima DSP.

“Sebagai tahap awal, digitalisasi rantai pasok UMKM dan Hotel dilakukan di Nusa Tenggara Barat dengan 19 hotel yang telah terintegrasi. Untuk tahap selanjutnya akan dilakukan di DPSP Borobudur, Danau Toba, Laboan Bajo, dan Likupang,” kata Sandiaga.

Advertisement

Acara ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Hotma Parlindungan Manurung; Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu; Plt Direktur Manajemen Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim; Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita; dan  Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi.

Menparekraf Sandiaga mendorong investor-investor agar berinvestasi dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Sandiaga mengatakan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat kaya.Terlebih, kedua kawasan ini mencakup salah satu dari lima destinasi super prioritas, yaitu Borobudur.

“Kawasan Borobudur ini, baik secara otoritatif dan koordinatif ini akan menjadi peluang bagi kita untuk bergerak (berinvestasi). Apalagi ada beberapa event dunia seperti (KTT) G-20 yang menjadi peluang buat teman-teman dunia usaha dan event organizer, karena pandemi sudah mulai melandai,” kata Sandiaga. ***

Advertisement
Lanjutkan Membaca